Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Budiman dijadwalkan berkunjung ke Balikpapan, Rabu (22/1) untuk meresmikan sejumlah proyek.

Kepala Penerangan Kodam VI Mulawarman Kolonel Inf Legowo di Balikpapan, Selasa, mengatakan proyek-proyek yang akan diresmikan tersebut adalah rumah susun di Asrama Sepinggan, Asrama Detasemen Kavaleri di kilometer (KM) 30 Jalan Soekarno-Hatta.

Selain itu kKolam renang Mulawarman di Jalan MT Harjono, Damai, dan Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Masjid Sudirman di lingkungan asrama di Makodam, Jalan Jenderal Sudirman.

Seluruh kegiatan peresmian akan dilangsungkan Rabu. Pada hari kedua, Kasad kan menyampaikan pengarahan langsung kepada para prajurit di Makodam.

Diantara semua proyek tersebut, yang paling gampang dilihat umum adalah kolam renang di jalan MT Harjono. Bangunan ini berada di tepi jalan utama kota dan diniatkan juga untuk menambah sarana olahraga di Kota Minyak dan bisa turut dimanfaatkan warga kota.

"Kolam renang ini kami bangun dalam 10 minggu, seluruhnya dikerjakan prajurit zeni," katan Kepala Jasmani Militer Kodam VI Mulawarman,Kolonel Yoyo Subro Larang,

Kolam itu dibangun dengan standar olimpiade, dengan panjang 50 meter dan lebar 25 meter yang memiliki 10 lintasan untuk kompetisi.

"Setelah peresmian ini, kolam renang akan dibuka juga untuk umum," katanya.

Kasad pernah bertugas di Balikpapan ketika menjabat Komadan Detasemen Zeni Tempur (Dan Denzipur) 6 Kodam VI/Tanjungpura pada tahun 1990-1994.

Dari Balikpapan, ia kemudian bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Kasad terpilih menggantikan Jenderal TNI Moeldoko yang naik menjadi Panglima TNI pada Agustus 2013.

Jenderal Moeldoko juga pernah bertugas di Balikpapan saat masih bernama Kodam VI Tanjungpura. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014