Sejumlah   informasi  seputar  Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita ANTARA  Biro Kaltim pada Jumat (14/7), mulai menyusutnya jumlah Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda usai perbaikann berkas, hingga serah terima jabatan, mutasi, dan pelantikan di lingkungan Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Jumlah Bacaleg menyusut

Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang didaftarkan Partai Politik sebagai peserta pemilu 2024 kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda, Kalimantan Timur berkurang saat tahapan perbaikan berkas.

Pada tahap awal pendaftaran, 17 Partai politik menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU Samarinda diketahui jumlah total bacaleg yang diusung sebanyak 751 orang. Namun pada masa perbaikan berkas jumlah bacaleg yang diusung menjadi 721 oran.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

2. Lahan 7,787 hektare untuk warga Penajam

Manajemen PT International Timber Corporation In Indonesia Kartika Utama (ITCIKU) mengembalikan lahan seluas 7.787 hektare kepada negara, selanjutnya dilepaskan atau diserahkan kepada warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, melalui pemerintah kabupaten setempat.

Sekitar 7.787 hektare tanah yang dikelola telah dikembalikan kepada negara dengan status Areal Penggunaan Lain (APL), jelas Public Affair & Goverment PT ITCIKU Nicholay Aprilindo di Penajam, Jumat, kemudian diserahkan kepada warga melalui Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Konservasi 320 hektare lahan basah

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama sejumlah pihak terkait melakukan konservasi terhadap sekitar 320 hektare lahan basah yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, dan Berau.

Dalam melakukan konservasi lahan basah, ada sejumlah pihak yang terlibat, Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Kaltim, Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Yayasan Mangrove Lestari, Yayasan Ulin, Perisai Alam Borneo, dan Yayasan Bioma.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

4. Posyandu untuk Lansia

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tengah mengoptimalkan pos pelayanan terpadu (posyandu) agar bisa melayani orang yang lanjut usia (lansia), di samping memaksimalkan penanganan terhadap pertumbuhan balita dalam program menekan atau mencegah  stunting.

Hal ini berarti  layanan di posyandu akan lebih fokus pada pengawalan siklus kehidupan, di mana lansia, remaja, bayi, dan balita akan mendapatkan layanan yang terintegrasi dalam satu tempat.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Sertijab Kepolisian Samarinda

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda menggelar serah terima jabatan (Sertijab) dua Kepala Kepolisian Sektor ( Kapolsek)  yakni Kapolsek Samarinda Ulu, dan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samarinda serta Kepala Bagian Perencanaan (Kabagren),  Kepala Seksi Humas dan Kepala Satuan Resnarkoba Samarinda.

Kapolresta Samarinda menekankan pentingnya kepada mereka yang memegang jabatan baru untuk memahami tugas pokok dan fungsi dari jabatan yang mereka emban.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.


 

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023