Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Penajam Paser Utara mendorong gerakan literasi digital di masyarakat demi menunjang kehadiran Ibu Kota Negara, Nusantara di Kalimantan Timur.
 
"Kami kuatkan literasi digital masyarakat dengan sosialisasi agar cakap teknologi," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin di Penajam, Sabtu, terkait kehadiran Nusantara yang mengusung konsep kota modern dan pintar lewat teknologi komunikasi dan informatika.
 
Kecakapan masyarakat Kabupaten Penajam untuk memanfaatkan teknologi digital akan menjadi penopang sekaligus daya saing ketika bersinggungan dengan kawasan IKN Nusantara yang sarat teknologi.
 
"Dipastikan ke depan, sentuhan teknologi akan semakin canggih dan masyarakat harus dapat manfaatkan digital dengan baik," katanya.

Baca juga: Tetangga IKN harapkan pemerataan akses Internet
 
Masyarakat dan semua komponen termasuk sektor pendidikan, menurut Khairuddin, dibekali penguatan literasi digital melalui sosialisasi sebagai panduan menghadapi kecanggihan teknologi.
 
Masyarakat yang telah mendapat bekal literasi digital diharapkan menyebarluaskan pemahaman literasi digital tersebut, mencakup kecakapan, keamanan, dan kepantasan penggunaan teknologi.
 
Penguatan literasi digital bakal mendorong peningkatan kemampuan menggunakan dan pemanfaatan teknologi informasi secara bijak, cerdas, kreatif dan produktif.
 
Literasi digital yang digalakkan Dinas Kominfo Kabupaten Penajam juga menyangkut aturan, norma dan etika pemanfaatan teknologi digital secara benar dan bertanggung jawab.
 
"Kami berikan bekal kepada masyarakat agar ke depan dapat lebih bijak dan teliti dalam gunakan media sosial," jelasnya.
 
Perkembangan teknologi berdampak positif semakin memudahkan masyarakat dalam mencari segala kebutuhan dan informasi melalui jaringan Internet," demikian Khairuddin.

Baca juga: Kawasan IKN Nusantara dapat prioritas pemenuhan jaringan internet

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023