Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kalimantan Timur menggelar pameran sejumlah produk usaha mikro, kecil, dan menegah ( UMKM) binaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pelaku usaha lokal dengan tajuk "Expo BUMDes 2023".

Kepala DPMDP Kaltim Anwar Sanusi di Samarinda, Sabtu, mengatakan pameran sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi desa dan memberdayakan BUMDes di provinsi itu.

Pameran berlangsung selama 16-19 Juni 2023 di Big Mall Samarinda diikuti lebih dari 30 stan BUMDes dan pelaku usaha lokal di Kalimantan Timur, dengan memamerkan sejumlah produk kerajinan, seperti aksesoris tas anyaman, topi, gantungan kunci, produk makanan ringan serta sejumlah bahan pokok, seperti minyak goreng dan beras.

"Ekspo ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan dari BUMDes serta memberikan kesempatan bagi pelaku usaha lokal untuk mengembangkan pasar mereka," ungkap dia.

Ia mengatakan BUMDes mempunyai peran penting dalam menggerakkan roda perekonomian desa dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Ia mengatakan "Expo BUMDes 2023" wadah bagi BUMDes dan pelaku usaha lokal memperkenalkan produk- produk unggulan mereka kepada masyarakat.

"Kami berharap acara ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi desa, menciptakan kemandirian ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Timur,” ujarnya.

Anwar menambahkan bahwa "Expo BUMDes 2023" akan menjadi langkah awal untuk menggerakkan perekonomian desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kalimantan Timur.

"Melalui 'Expo BUMDes', kami ingin memperkuat peran BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa dan produk-produk dari BUMDes bisa semakin dikenal, diminati oleh masyarakat, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa di Kalimantan Timur," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023