Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Timur (Kaltim) perkuat silaturahmi dengan forum-forum binaan Pemda Provinsi Kaltim menghadapi tahun politik pemilu serentak pada 2024.

“Menghadapi tahun politik menjelang pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024, kami mempererat kekompakan bersama Forum-forum binaan Pemprov Kaltim, merealisasikan pemilu damai dan adil,” kata Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Sufian Agus di Samarinda, Jumat.

Agus mengatakan berbagai deklarasi dan dukungan politik dari sejumlah kelompok kepada figur-figur yang akan bertarung pada tahun politik mulai menghangatkan suasana politik di Kaltim.

“Kehadiran tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh wanita, tokoh pemuda yang tergabung dalam FPK, FKUB dan FKDM di benua Etam harus mampu menyatukan pendapat dan narasi positif di kalangan rakyat " katanya.

Baca juga: Mahkamah Konstitusi pertahankan pemilu secara terbuka

Kepada rakyat Kaltim, Agus berharap suasana kondusif dan kedamaian Kalimantan Timur dapat dipertahankan sehingga masyarakat melewati perhelatan politik nasional dengan lancar dan damai.

Selain dengan forum-forum binaan Pemprov Kaltim, penguatan silaturahmi Kesbangpol Provinsi juga dilakukan dengan Kesbangpol Kabupaten Kutai Barat, termasuk dengan organisasi-organisasi massa dan badan di Kutai Barat.

“Organisasi massa berperan dalam membantu mengomunikasikan isu-isu penting kepada masyarakat terkait pemilu serentak yang harus disampaikan dengan jelas dan efektif kepada seluruh masyarakat,” ucap Agus.

Agus menambahkan terdapat organisasi massa yang aktif di Kalimantan Timur sebanyak 915 organisasi. Sedangkan di Kabupaten Kutai Barat sendiri terdapat 38 ormas yang aktif.

Baca juga: KPU-Polresta Samarinda kerjasama wujudkan Pemilu tertib dan damai

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023