PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII yang mengelola 56.885,23 hektare perkebunan sawit inti juga bermitra dengan ribuan petani plasma dengan total luas lahan 58.757,62 hektare.
 

"Jadi luasan kebun plasma lebih luas 103,2 persen dari kebun inti,” kata Direktur PTPN XIII Rizal Damanik, Selasa.

Kebun inti adalah kebun yang dikelola langsung oleh perusahaan, kebun plasma adalah kebun yang lahannya dimiliki masyarakat untuk digunakan menanam komoditas yang disepakati bersama perusahaan, dalam hal ini kelapa sawit, sehingga perusahaan dan masyarakat bermitra.

Perusahaan perkebunan berkewajiban bermitra dengan masyarakat, terutama di sekitar kebun intinyauntuk mengelola plasma minimal 20 persen dari luasan lahan intinya tersebut.

“Artinya, PTPN XIII telah melewati mandatory 20 persen kebun plasma., bahkan dengan persentase di atas, PTPN XIII juga menjadi salah satu entitas Korporasi Sawit di Kalimantan dengan prosentase plasma yang besar dibandingkan perusahaan sawit lain yang ada," ujar Damanik.

Kemudian, dari 58.757,62 hektare perkebunan sawit mitra, Damanik melanjutkan, seluas 13.825,91 hektare diantaranya telah melaksanakan program peremajaan sawit rakyat (PSR).

Kepala Bagian Plasma PTPN XIII Azizah menuturkan, saat ini ribuan petani plasma PTPN XIII yang melaksanakan program PSR telah menikmati hasil panen dengan produktivitas jauh di atas standar nasional, selain itu, para petani juga kian kuat karena perkebunan petani yang melaksanakan kemitraan PSR dapat panen lebih cepat.

"Kami sangat bersyukur, petani sawit telah memberikan kepercayaan kepada PTPN XIII untuk menjadi mitra dalam meningkatkan ekonomi masyarakat," demikian Azizah.

PTPN XIII adalah perusahaan perkebunan milik negara dengan wilayah operasi di Kalimantan dan berkantor pusat di Pontianak, Kalimantan Barat, sebagian besar kebun PTPN XIII adalah kebun kelapa sawit, namun juga ada perkebunan karet seperti di Danau Salak dan Tambarangan, Kalimantan Selatan.

Di Kalimantan Timur, PTPN XIII memiliki lahan kebun dan plasma di Kabupaten Paser, juga pabrik kelapa sawit yang mengolah buah sawit menjadi minyak sawit mentah (crude palm oil).

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023