Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), segera menyalurkan bantuan biaya belajar atau beasiswa pada tahun ini sekitar Rp1,3 miliar kepada 210 penerima terdiri dari pelajar dan mahasiswa.
 
"Anggaran beasiswa yang disiapkan pada tahun ini sekitar Rp1,3 miliar dengan kuota 210 penerima,” ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Pemkab Penajam Paser Utara, Nurbayah di Penajam, Minggu.
 
Kuota bantuan biaya belajar tersebut melalui program reguler beasiswa berprestasi Diploma Tiga (D3) sebanyak 25 orang dan Strata Satu (S1) sebanyak 50 orang.
 
Kemudian jatah beasiswa melalui program reguler tugas akhir D3 sebanyak 25 orang dan S1 sebanyak 50 orang, serta untuk kategori bantuan biaya belajar unggulan sebanyak 60 orang.
 
"Kategori beasiswa program khusus, seperti santri dan penghafal Al Quran, jumlah kuota penerima menyesuaikan," jelasnya.
 
Pendaftaran beasiswa program reguler dan khusus serta program unggulan dibuka pada 10 hingga 31 Mei 2023. Selanjutnya dilakukan validasi data serta kelengkapan persyaratan pendaftaran.
 
Pendaftar yang tidak sesuai persyaratan, kata dia, tidak mendapatkan beasiswa yang disalurkan Pemkab Penajam Paser Utara pada tahun ini.
 
"Yang daftar beasiswa sekitar 287 orang, kami sedang validasi datanya dan kuota penerima 210 orang," ujarnya
 
Bagian Kesra Sekretariat Daerah Pemkab menargetkan pertengahan bulan ini  bantuan biaya belajar sudah mulai disalurkan kepada penerima.
 
Pemkab Penajam Paser Utara, lanjut dia, terus berkomitmen melaksanakan berbagai program untuk memajukan bidang pendidikan.
 
"Program-program pendidikan itu sebagai upaya persiapkan sumber daya manusia di Kabupaten Penajam Paser Utara yang lebih berkualitas," kata Nurbayah. (Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023