Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 116 di perbatasan RI-Malaysia yang dipusatkan di Kampung Laham, Kecamatan Laham, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, berhasil menuntaskan sejumlah kegiatan antara lain membuka demplot kebun kakao.


"Kebun kakao yang berhasil dibuka dalam TMMD di kawasan perbatasan ini seluas 50 X 100 meter, sehingga kelompok tani bisa menjadikan demplot ini sebagai bahan pembelajaran dan pengembangan," ujar Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo dalam rilis yang diterima di Samarinda, Jumat.

Selain itu, sasaran lain yang berhasil dituntaskan adalah semenisasi jalan masyarakat sepanjang 800 meter, sehingga hal ini dapat mempermudah warga menuju ke lokasi pertanian, sekaligus mempermudah akses dalam melakukan aktivitas sehari-hari baik kegiatan sosial, keagamaan dan lainnya.

Dalam TMMD yang dilakukan oleh Kodim 0912/ Kabupaten Kutai Barat ini juga berhasil menuntaskan pembangunan Pos Koramil ukuran 4 X 8 meter.

Sedangkan kegiatan nonfisik yang berhasil dilakukan antara lain sosialisasi bela negara, wawasan kebangsaan, sosialisasi terkait Keluarga Berencana (KB) plus pelayanan KB, serta sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting.

TMMD ke- 116 tahun 2023 yang dilaksanakan sekitar 30 hari sejak 10 Mei lalu, kata Danrem 091/ASN, merupakan aksi bakti TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat.

Adapun tujuan pelaksanaan TMMD adalah untuk membantu pemerintah daerah untuk  meningkatkan akselerasi pembangunan, sekaligus membuka keterisoliran daerah.

"Kegiatan ini juga dalam rangka kemanunggalan TNI dengan rakyat, kemudian untuk meningkatkan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Yudhi.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Kodim 0912/ Kutai Barat karena berhasil melaksanakan TMMD ke- 116 dengan baik. Penghargaan dan ucapan terima kasih juga disampaikan Danrem untuk Pemkab Mahakam Ulu.

Sementara itu, Wakil Bupati Mahakam Ulu Yohanes Avun menyampai apresiasi kepada TNI baik di tingkat Kodam, Korem, hingga Kodim 0912/ Kutai Barat.

"Terima kasih kepada TNI yang hadir di tengah masyarakat dengan pembangunan melalui TMMD. Harapan kami ke depan, kegiatan ini tidak hanya di Kampung Laham, tapi juga di kawasan lain di Kabupaten Mahakam Ulu yang memang membutuhkan banyak perhatian," ujar Avun.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023