Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Mahakam Ulu (PUPR Mahulu) Kalimantan Timur, telah menyelesaikan pembangunan tiga gedung perkantoran yakni Kantor Bupati, Gedung DPRD, dan Kantor Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Baplitbangda).

“Seluruhnya menelan anggaran sebesar Rp355,11 miliar. Kami kerjakan sejak 2018 silam,” kata Kepala Dinas PUPR Mahulu Didik Subagia di Ujoh Bilang, Senin.

PUPR Mahulu selesaikan gedung Kantor Bupati, DPRD, dan Balitbangda

Bahkan sebenarnya gedung-gedung tersebut pembangunan fisiknya sudah selesai pada September 2022.

Ketiga gedung kantor dibangun oleh PT Berantas dan berlokasi di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, di dekat perbatasan dengan Long Melaham.

Kadis PU menambahkan, pada tahun 2023 ini Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu menargetkan menyelesaikan pemasangan jaringan listrik, pemasangan turap, pemasangan instalasi air bersih, dan pengaspalan jalan utama dari Simpang Bata sampai ke kantor-kantor tersebut.

“Anggaran untuk kegiatan tersebut bersumber dari APBD murni Kabupaten Mahakam Ulu tahun 2023 ini. Untuk pengaspalan diambil dari anggaran pendamping program peningkatan jalan di PUPR Mahulu.Saat ini kegiatan tersebut sudah mulai dikerjakan,” ungkapnya. Pemasangan turap agar terlindung jalan dan halaman gedung tidak digerus ombak Sungai Mahakam masih menunggu ketersediaan anggaran. Dinas PUPR memerlukan Rp118 miliar untuk penurapan tersebut.

Permintaan penambahan anggaran sebesar Rp118 miliar itu juga sudah dibahas di DPRD Mahulu.
"Semoga dengan penambahan anggaran pembangunan kantor-kantor tersebut bisa sepenuhnya diselesaikan dan dapat digunakan oleh pemerintah daerah dalam melayani masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu," kata Wakil Ketua DPRD Mahulu Tiopilus Hanye.

Proyek pembangunan ketiga kantor tersebut juga sudah diaudit BPKP dan BPK. Menurut Didik, memang ada pengembalian dana anggaran ke kas daerah senilai kurang dari Rp8 miliar.

Kabupaten Mahakam Ulu adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat pada tahun 2012. Kabupaten ini memiliki 5 kecamatan dan 49 kampung. Kecamatan Long Apari terdiri dari 10 kampung, Long Pahangai 13 kampung, Long Bagun 11 kampung, Long Hubung 10 kampung dan Laham 5 kampung. Di wilayah hulu-hulu sungai, seperti hulu Mahakam ini, juga hulu Sungai Bahau, Malinau di Kalimantan Utara, penggunaan kata "kampung" lebih disukai ketimbang 'desa', sehingga selalu digunakan dalam kesempatan resmi maupun tidak resmi.  
 

Pewarta: Novi Abdi/taufiq hart

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023