Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara di Provinsi Kalimantan Timur menyediakan ruang pengembangan minat dan bakat bagi peserta didik di sekolah.

"Kami berikan ruang peserta didik untuk kembangkan minat dan bakat selain pendalaman ilmu pengetahuan di sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin di Penajam, Selasa.

Menurut dia, dinas berencana mendata dan mengelompokkan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama berdasarkan fokus pengembangan minat dan bakat.

Sebagai gambaran, beberapa sekolah di Penajam Paser Utara seperti SMP Negeri 1, SMP Negeri 5, SMP Negeri 12, dan SMP Negeri 21 di Kecamatan Penajam memiliki kelas khusus pengembangan minat dan bakat di bidang olahraga.

Kelas khusus olahraga juga akan disiapkan di satu SMP Negeri di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga, Alimuddin mengatakan, bakal menyiapkan sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan kelas khusus untuk pengembangan minat dan bakat peserta didik, termasuk menyediakan pelatih.

"Pelatih khusus akan didatangkan dan ada masyarakat yang bantu guru olahraga di sekolah," kata Alimuddin.

Ia menjelaskan pula bahwa Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga akan menunjuk SD Negeri 034 di Kecamatan Penajam sebagai penyelenggara kelas khusus pembelajaran Al Quran.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga akan menyampaikan informasi mengenai kelas khusus pengembangan minat dan bakat yang tersedia di sekolah kepada para orang tua agar mereka bisa mengarahkan anak-anak untuk memilih sekolah yang sesuai dengan minat dan bakatnya.(Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023