Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser menerima  dua puluh empat (24 ) alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Pemerintah Provinsi Kaltim untuk menunjang peningkatan produksi pertanian di daerah setempat. 

" Ada 24 alsintan yang diserahkan terdiri dari 21 unit handtraktor dan 3 unit cultivator," kata Kepala DTPH Kabupaten Paser, Erwan Wahyudi, di Tanah Grogot, Selasa. 

Ia mengatakan, alsintan tersebut sudah diterima dan diserahkan kepada kelompok tani di tiga desa yaitu Desa Sebakung, Sebakung Makmur, dan Rantau Panjang. 

Erwan  menyebutkan, Pemerintah Provinsi Kaltim  dan Pemerintah Kabupaten Paser rutin memberikan bantuan alsintan  melalui DTPH Paser setiap tahunnya untuk kelompok tani. Hal itu bertujuan untuk  meningkatkan produksi pertanian.

Menurutnya, pada tahun 2023 DTPH Paser telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan 15 unit cultivator, 26 handtraktor  dan 295 hand sparyer untuk kelompok tani.
Adapun penerima alsintan tersebut adalah kelompok tani yang tersebar di 10 kecamatan. 

Erwan berharap pemberian bantuan dapat memotivasi para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian dalam rangka mendukung Kabupaten Paser menjadi daerah swasembada pangan. 

"Pemberian alsintan juga instruksi dari Kementerian Pertanian untuk mewujudkan pertanian modern," katanya.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023