Sebanyak 70 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut berpartisipasi pada kegiatan pameran produk dan pentas seni budaya dalam rangkaian pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-44 Provinsi Kalimantan Timur di Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, Rabu  mengatakan pameran yang dilaksanakan pada 16-21 Mei 2023 merupakan nilai tambah dari MTQ.

Sebab sebagai ajang lomba dan kompetisi juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk lebih mengenal produk buatan lokal yang kualitasnya mampu bersaing, baik berupa fashion, kuliner dan juga berbagai bentuk karya seni.

"Kami berharap expo ini mampu menumbuhkan iklim industri kreatif di Kota Balikpapan pada khususnya dan Kaltim pada umumnya, " ucapnya.

Rahmad mengingatkan pentingnya para pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk lokal sehingga mampu bersaing di pasaran nasional.

Selain itu, Rahmad mengajak seluruh para pelaku usaha kecil dan industri kreatif untuk bersama-sama memanfaatkan momentum pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Diketahui, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-44 tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2023 telah dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur, H.M. Syirajudin, pada Selasa malam.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug serta diiringi dengan pemukulan rebana, bertempat di Arena Utama Halaman Gedung Dome Balikpapan.

M. Syirajudin mengucapkan selamat dan sukses atas gelaran Musabqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2023.

"Semoga berlangsung lancar dan menghasilkan para juara yang berkualitas dan menjadi kebanggaan kita bersama, " harapnya.

MTQ, sambung dia merupakan ajang lomba keagamaan yang harus dijaga kesuciannya, sekaligus sebagai pemicu semangat dan menumbuhkan motivasi untuk membaca, menghafal, mempelajari dan mengamalkannya sebagai pedoman keselamatan hidup di dunia dan di akhirat

"Kita bangga dan bersyukur karena gairah membaca dan mempelajari Al Qur’an di dalam masyarakat semakin meningkat yang ditandai dengan tumbuhnya tempat-tempat pengajian Al Qur’an (TPA) yang diikuti oleh Anak-anak Usia Dini, Remaja hingga Dewasa,"ucapnya.

Acara pembukaan MTQ dirangkai dengan penyerahan piala bergilir MTQ dari Sekda Kutai Kartanegara, Sunggono kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Timur, H.M. Syirajudin untuk diserahkan kepada Wali Kota Balikpapan selaku Ketua Pelaksana MTQ Provinsi Kaltim ke-44 Tahun 2023 untuk diperebutkan kembali.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023