Sebanyak tiga ribu penumpang dijadwalkan tiba di Bandar Udara (Bandara) Aji Pangeran Tumenggung ( APT) Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur, pada puncak arus balik angkutan udara pada 1 Mei 2023.

"Puncak arus balik Lebaran terjadi pada 1 Mei 2023 dengan perkiraan pergerakan penumpang mencapai 3.000 orang dan ini lonjakan yang sangat tinggi sekali," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas 1 APT Pranoto, Agung Pracayanto, di Samarinda, Minggu.

Menurut Agung, lonjakan penumpang udara di Bandara Kota Samarinda itu mengakibatkan terjadi kenaikan penumpang sekitar tujuh persen.

"Kenaikan jumlah penumpang ini terjadi karena telah selesai masa cuti pekerja dan anak sekolah," ujarnya.

Berdasarkan pantauan tiket pesawat arus balik menuju Samarinda, lanjut Agung, tiket sudah habis terjual.

"Jumlah penumpang yang tiba pada 1 Mei kebanyakan dari tiga kota yakni Yogyakarta, Surabaya, dan Jakarta," jelasnya.

Ia berpesan kepada semua penumpang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes), tidak membawa barang bagasi berlebihan, serta belilah tiket pesawat di tempat yang resmi.

Momen arus mudik dan arus balik, lanjut dia, menjadi salah satu tanda terjadinya geliat transportasi udara di Bandara APT Pranoto.

Agung berharap warga Kalimantan Timur, khususnya di lima kabupaten dan kota yang merupakan penunjang yakni Samarinda, Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, dan Kutai Barat, berangkat dan datang melewati Bandara APT Pranoto Samarinda.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023