Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku di Kecamatan Sepaku penunjang layanan kesehatan dalam tahapan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Dalam proses pembangunan infrastruktur IKN, RSUD Sepaku menjadi garda terdepan untuk melayani kesehatan pekerja pembangunan IKN Nusantara, " kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara Raup Muin di Penajam, Jumat,
 
Namun fasilitas RSUD Sepaku yang ada saat ini belum memadai untuk memberikan layanan kesehatan pekerja pembangunan infrastruktur IKN sehingga diperlukan penambahan gedung layanan, katanya.
 
ia mengatakan RSUD Sepaku butuh penambahan perlengkapan, peralatan medis, dan tenaga dokter sehingga dapat melakukan layanan kesehatan kepada pekerja pembangunan IKN Nusantara.
 
                        Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)
 
Untuk itu, tegas dia, DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara mengapresiasi upaya Kementerian Kesehatan yang memberikan bantuan anggaran untuk peningkatan fasilitas kesehatan RSUD Sepaku.
 
Peningkatan fasilitas RSUD Sepaku, papar dia, bakal memenuhi syarat mendongkrak status dari rumah sakit tipe D menjadi rumah sakit tipe C.
 
Ia mengatakan DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara sangat mendukung peningkatan status RSUD Sepaku tersebut karena semakin tinggi tipe rumah sakit maka fasilitas rumah sakit semakin lengkap.
 
"Peningkatan fasilitas RSUD Sepaku dari tipe D menjadi tipe C akan mampu melayani warga setempat dan pekerja konstruksi IKN Nusantara, tetapi untuk jangka panjang belum cukup karena masih butuh anggaran besar untuk pengembangan RSUD Sepaku," katanya.
 
Gedung DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)
 
Pada tahun 2023, ujarnya, RSUD Sepaku mendapatkan anggaran Rp20 miliar yang terbagi Rp12 miliar untuk pembangunan fisik dan alat kesehatan Rp8 miliar.
 
Dia mengatakan pada tahun 2024, RSUD Sepaku bakal mendapat penambahan anggaran pembangunan fisik dan alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan Rp115 miliar. Anggaran tersebut untuk penambahan gedung Rp80 miliar dan alat kesehatan Rp35 miliar.(Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023