Mobilitas arus mudik jalur darat di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, hingga satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 relatif aman dan lancar.
 
Pantauan ANTARA di Penajam, Jumat, di ruas jalan utama di Kabupaten Penajam Paser Utara terlihat pemudik melakukan perjalanan, baik menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi roda dua dan roda empat.
 
Informasi yang diperoleh dari petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara sampai saat ini arus mudik Idul fitri di jalur darat lancar dan aman.
 
Laporan petugas di lapangan, menurut, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Singkerru, arus mudik moda transportasi darat situasinya aman dan belum ada kejadian luar biasa.
 
"Dari laporan petugas di lapangan arus mudik jalur darat di wilayah Penajam Paser Utara tergolong ramai lancar dan kondusif," tambahnya.
 
Arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah, terdata didominasi pemudik dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser dan Kalimantan Selatan.
 
Kepadatan pemudik, jelas dia, juga terlihat dari arah Kecamatan Sepaku menuju Kabupaten Paser dan Kota Balikpapan, serta menuju Kalimantan Selatan.
 
Laporan Koordinator Pengawasan Jalan atau Wasdal Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, arus kendaraan dari arah Kecamatan Sepaku tersebut aman, lancar dan kondusif.
 
Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara mengerahkan puluhan petugas berjaga di sejumlah lokasi yang dinilai rawan kecelakaan.
 
Petugas bersama anggota Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor atau Satlantas Polres Penajam Paser Utara menurut dia, melakukan pemantauan di sejumlah ruas jalan yang dilalui pemudik.
 
"Kabupaten Penajam Paser Utara adalah jalan lintas Kalimantan yang dilalui pemudik dari berbagai daerah, kami fokuskan pantauan di sepanjang jalur mudik untuk antisipasi terjadinya kecelakaan," kata Andi Singkerru.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023