Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur menyiagakan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.
 
"Bukan hanya tenaga kesehatan yang disiagakan, tapi juga tenaga non-medis," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Jensje Grace Makisurat di Penajam, Kamis.
 
Tenaga kesehatan (medis) dan non-medis yang disiagakan, yakni dokter, perawat, petugas obat, serta ambulans beserta sopir.
 
Dinas Kesehatan diinstruksikan untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat selama libur Lebaran dengan jadwal tugas tenaga medis dan non-medis bergiliran.
 
Tenaga medis dan non-medis tersebut, disiagakan di setiap Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara diminta tetap maksimalkan pelayanan kesehatan untuk mengantisipasi adanya gangguan kesehatan serta kecelakaan saat arus mudik maupun balik Lebaran.
 
Antisipasi adanya gangguan kesehatan yang dialami masyarakat atau terjadi kecelakaan, menurut dia, pelayanan di Puskesmas buka 24 jam.
 
Tenaga medis di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara juga disiagakan di posko pengamanan Lebaran saat arus mudik dan balik Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Pelayanan kesehatan kepada pemudik atau sopir selama arus mudik maupun balik Lebaran menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
Tenaga medis, kata Jensje Grace Makisurat, secara bergiliran berjaga di posko pengamanan Lebaran yang disesuaikan dengan wilayah kerja Puskesmas di mana tempat posko pengamanan tersebut berada.
 
Tenaga medis di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, sesuai wilayah kerja Puskesmas juga disiagakan di tempat-tempat wisata.(Adv)

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023