Muhammadiyah Cabang Kota Balikpapan menyediakan 8 lokasi penyelenggaraan salat Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriyah yang bertepatan pada Jumat 20 April 2023.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Balikpapan Muhammad Hendro merincikan di mana saja tempat-tempat tersebut di Kota Minyak.

“Seluruhnya kita gunakan di luar ruangan atau outdoor, di halaman atau di tanah lapang,” jelas Hendro, Rabu.

Kedelapan tempat salat Id tersebut adalah halaman parkir Balikpapan Permai ACE Hardware-Bank Bukopin Jalan Jenderal Sudirman, halaman Masjid Tarbiyah Jalan Antasari Gunung Kawi Sumber Rejo, halaman Posyandu RT 016 Perum WIKA Cluster The Green, halaman Masjid At Taubah Jalan 21 Januari RT 5 Kelurahan Baru Tengah.

Di halaman Masjid Al Mujahidin Jalan Soekarno-Hatta Km 10 Karang Joang, halaman Masjid Ahmad Dahlan Gang Kates Kelurahan Manggar Baru, halaman Masjid Nurul Hijrah Jalan Soekarno-Hatta Km 23 Kelurahan Karang Joang, dan halaman Masjid Ihya Us Sunnah Jalan 21 Januari Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat.

“Kami sudah siapkan segala sesuatunya,” kata Hendro lagi.

Salat Idul Fitri 1444 Hijriyah ini akan dilaksanakan mulai pukul 06.30 Wita. Menurut Hendro, sekurangnya ada 13 ribu jamaah Muhammadiyah yang akan melaksanakan salat tersebut.

“Di Balikpapan ini jamaah Muhammadiyah tercatat itu ada sekitar 14 ribu orang. Belum lagi yang simpatisan,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan salat Idul Fitri ini pihaknya sudah mengirimkan pemberitahuan kepada Polres dan Dinas Perhubungan Balikpapan. Pemberitahuan itu disampaikan karena ada kemungkinan penetapan Idul Fitri 1444 Hijriyah ini oleh pemerintah berbeda hari dan tanggalnya daripada yang ditetapkan Muhammadiyah.

“Kalau lagi beda memang kita pastikan berikan pemberitahuan untuk titik salat kita,” demikian Ketua Cabang Muhammadiyah Balikpapan Muhammad Hendro. 

 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023