Penyaluran kredit oleh perbankan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Desember 2022 tumbuh positif sebesar 16,02 persen (yoy), terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 13,22 persen (yoy). 


"Dari sisi stabilitas sistem keuangan, kinerja penyaluran kredit di Kaltim pada triwulan IV-2022 tetap terjaga yang didukung oleh tingkat Non-Performing Loan (NPL) yang rendah," ujar Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Kaltim Ricky Perdana Gozali di Samarinda, Jumat. 

Dilihat dari sisi pembiayaan atau akses keuangan UMKM, maka penyaluran kredit tumbuh positif sebesar 1,85 persen (yoy), meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mengalami penurunan hingga 1,05 persen (yoy). 

Sementara untuk penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) di Kaltim mengalami peningkatan, yakni bersumber dari pertumbuhan giro dan tabungan, dengan DPK Kaltim tercatat tumbuh sebesar 30,30 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar 27,50 persen.

Ia juga mengatakan, dari sisi pengelolaan uang rupiah sebagai upaya memenuhi kebutuhan kas masyarakat, maka KPw Bank Indonesia Kaltim selalu berupaya menjaga kecukupan uang baik dari sisi jumlah maupun pecahan. 

"Dalam rangka pemenuhan kebutuhan uang menjelang Idul Fitri 1444 H, Bank Indonesia membuka layanan penukaran melalui kas keliling retail yang tersebar di berbagai titik keramaian dan strategis di Kota Samarinda," kata Ricky. 

Penukaran uang telah dimulai pada 27 Maret dan terakhir penukaran pada 18 April 2023 dengan jam layanan kerja sejak pukul 10.00 sampai pukul 12.00 Wita. 

Selain itu, KPw Bank Indonesia Provinsi Kaltim secara konsisten melakukan sinergi dengan perbankan, yakni membuka gerai penukaran pada 362 kantor cabang perbankan dengan membuka Layanan Penukaran Uang Bersama kepada masyarakat.

Penukaran uang baru untuk Lebaran dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diperbolehkan sampai Rp3,8 juta per orang dengan uang pecahan rupiah dua puluh ribuan, sepuluh ribuan, dan dua ribuan.

"Layanan penukaran uang tunai kepada masyarakat tahun ini sama dengan tahun lalu, yakni tetap difokuskan melalui loket di perbankan yang tersebar di Kaltim dengan total uang yang disiapkan Rp4,19 triliun," ujarnya.

"Layanan penukaran bersama tersebut dibuka di pusat perbelanjaan di Kota Samarinda,yakni di Samarinda Square, Jalan M Yamin yang beroperasi mulai 10-14 April 2023 pada pukul 10.00-14.00 Wita," kata Ricky.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023