Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Paser  menggelar operasi pasar pangan murah di wilayah perbatasan Kaltim-Kalsel, tepatnya di Kecamatan Muara Komam,  Senin (3/4). 

Operasi pasar murah yang dipusatkan di kantor Kelurahan Muara Komam  tersebut menjual barang kebutuhan pokok oleh  Bulog  diantaranya beras, gula, minyak, telur, tepung dengan harga terjangkau.

“Operasi pasar diserbu warga sehingga untuk beras telah habis terjual, tersisa gula dan tepung,” kata  petugas  dari Bulog Arifin.

Ia menyebutkan sembako yang dijual diantaranya  beras medium sebanyak 1 Ton,  beras premium 200 kg, gula 100 kg, tepung 250 kg, dan telur 30 rak.

Adapun bahan pokok yang dijual yakni beras kemasan medium 5 kg  seharga Rp47.000, beras premium Rp58.000, beras premium super Rp67.000, minyak goreng 2 liter Rp14.000, gula 1kg Rp14.000, tepung terigu 1kg Rp13.000, per rak telur Rp56.000.

Kepala Bidang Ketersediaan dan Stabilitasi Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser, Safriansyah, mengatakan operasi pasar yang telah berlangsung selama dua pekan terakhir merupakan lanjutan dari kegiatan stabilisasi harga di bulan Ramadhan.

"Barang yang dijual lebih murah agar  tidak terjadi kenaikan harga dan kelangkaan kebutuhan di bulan puasa," ucapnya.

Menurutnya, kegiatan stabilisasi harga melalui operasi pangan murah akan berlanjut ke wilayah Kecamatan Batu Engau tepatnya di Desa Petangis dan di wilayah pesisir di Desa Lori Kecamatan Tanjung Harapan.

"Akhir kegiatan dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri akan digelar operasi pasar di Tanah Grogot," katanya.

Sementara Lurah Muara Komam, Muksin, berharap kegiatan operasi pasar pangan murah ini bisa kembali dilakukan jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Tadi saya lihat beras habis, karena biasanya nanti jelang lebaran kebutuhan beras meningkat, semoga ada lagi operasi pasar sebelum lebaran," harap Muksin.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023