Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan penyuluhan hukum melalui Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di Sekolah Kalimantan Utara (Kaltara).
 
"Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini mengangkat tema Generasi Emas Tanpa Narkoba dan Wawasan Kebangsaan," ucap Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Kaltim Toni Yuswanto usai gelar Program Jaksa Masuk Sekolah di SMA Negeri 1 Tarakan, Kamis.
 
Disampaikannya, pada saat kegiatan JMS usai, kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Tim JMS Kejati Kaltim. Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswi nampak antusias dengan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber.
 
Lanjutnya, Kegiatan ini dibuka langsung oleh Weti Heri Murtiningrum, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tarakan dan acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Tim JMS Kejati Kaltim. Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswi nampak antusias dengan banyak yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber.
 
Ia menerangkan Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) merupakan bentuk kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan dengan sasaran kegiatan khusus ditujukan kepada generasi muda usia sekolah dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran hukum sehingga generasi muda memiliki pemahaman
 
"Kesadaran dan melaksanakan hak, kewajiban dan tanggungjawabnya sebagai penerus cita-cita pembangunan bangsa," ujar Toni.
 
Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai bentuk nyata dari pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Terorisme.
 
"Dengan memperkenalkan hukum sejak dini nantinya diharapkan para pelajar melek akan hukum, dan dapat terhindar dari paham Radikal, Komunis dan Teroris yang dapat merusak kehidupan Bangsa dan Negara Indonesia," pungkas Toni.

Ia juga menjelaskan sebelumnya Program JMS dari Kejati Kaltim rutin dilaksanakan di sekolah-sekolah Provinsi Kaltim, dari SMA mau pun SMK, sebagai upaya untuk mengedukasi generasi muda untuk lebih memahami wawasan kebangsaan dan juga pengetahuan terkait hukum negara.
 
Selain JMS, program kegiatan lain yang dilaksanakan Kejati Kaltim untuk memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat umum salah satunya adalah Program Jaksa Menjawab dengan konsep jemput bola, membuka gerai konsultasi hukum di area Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda, beberapa waktu lalu.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023