Dua usaha kecil menengah (UKM) asal Balikpapan binaan PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan sukses meraih omset hingga puluhan juta rupiah di ajang Inacraft 2023 di Jakarta.


Pemilik Toko Ida Utama, Lis Nurjannah di Balikpapan, Kamis mengatakan  pihaknya  mencatatkan transaksi hingga Rp73 juta sedangkan Iwatik meraup omset sebesar Rp85 juta dalam 5 hari pameran.

Kerajinan khas Kalimantan dari Toko Ida Utama menjadi daya tarik tersendiri saat pameran.

Toko Ida Utama menghadirkan sarung batik dengan motif tumbuhan dan binatang khas Kalimantan, kain, tas, gelang dan kalung berbahan dasar batu, kayu, dan manik-manik sehingga ramai pengunjung dari dalam dan luar negeri di stand Ida Utama.

“Posisi stand UKM Pertamina paling depan sehingga memudahkan pengunjung langsung belanja,” kata Lis Nurjannah.  

Menurut dia, para pembeli dari Jepang, Korea, India, China, Arab, Malaysia, Singapura dan Australia umumnya tertarik dengan barang kerajinan seperti tas, gelang, juga kain.

Pada kesempatan ini Iwatik memamerkan kain-kain batik produksinya, yang khas dengan motif tempatan Balikpapan ada juga produk ecoprint yang disulap menjadi kemeja, rok, dan juga tas.

Iwatik berhasil membukukan transaksi sebesar Rp85 juta selama pameran berlangsung.

“Saya tertarik dengan produk dari Iwatik pertama karena warnanya, kemudian bahannya adem dan berkualitas,” kata Nelly, pembeli kain Iwatik dari Jakarta.

Deretan stand UKM dukungan Pertamina di ajang Inacraft 2023. (ANTARA/HO-Patra Niaga)

Ajang tahunan The Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 berlangsung pada 1-5 Maret 2023 di Jakarta Convention Center (JCC).

Ajang ini diikuti oleh 1.118 UKM peserta dengan 1.200 stand. Pertamina menyediakan 24 stand bagi UKM-UKM binaannya dari seluruh Indonesia.

“Dengan diikutkan pada kegiatan ini kami berharap UKM yang jadi peserta tambah sukses dengan jiwa kemandirian dan wirausaha yang semakin kuat,” kata Humas Pertamina Patra Niaga Kalimantan Arya Yusa Dwicandra.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023