Beberapa informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA pada Senin (65/3), mulai DPRD Kaltim bahasa soal ganti rugi lahan warga Jalan Ring Road 2 Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda, hingga Pemerintah Kabupaten Paser menargetkan panen bawang merah 130 ton.

Beginilah rangkuman informasi seputar  Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Bahas penutupan Jalan Ring Road Sungai Kunjang

Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) membahas tuntutan warga yang mengaku pemilik tanah di Jalan Ring Road 2 Kecamatan Sungai Kunjang yang belum mendapatkan ganti rugi lahan sehingga mereka melakukan aksi menutup jalan tersebut..

Melihat insiden itu, banyak hal yang harus pihak Pemprov Kaltim klarifikasi, terutama menyangkut apa yang diceritakan oleh warga, bahwa mereka sudah disuruh buka rekening, namun tak kunjung ada pencairan.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. UMKM didorong buat e-katalog

Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor mengimbau para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mendaftarkan produk dan jasa mereka ke dalam katalog elektronik (e-katalog) lokal yang dikelola oleh pemerintah provinsi.

E-katalog adalah aplikasi belanja daring yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan pemerintah.Melalui e-katalog ini, pemerintah diwajibkan membeli produk UMKM, mulai dari kuliner hingga fesyen, sehingga geliat ekonomi lokal kian meningkat.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Serapan tenaga kerja menurun

Penyerapan tenaga kerja lokal di Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2022 sebanyak 37.502 tenaga kerja, atau telah mengalami penurunan dibandingkan serapan tenaga kerja pada tahun 2021.

Tahun 2021 jumlah tenaga kerja yang terserap sebanyak 58. 729 tenaga kerja, jumlah tersebut juga lebih tinggi dibandingkan tahun 2020 sebanyak 23.134 tenaga kerja. Secara umum berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim 2018-2023 menargetkan serapan tenaga kerja sebanyak 250.000 orang. Hingga tahun 2022, pencapaiannya telah melampaui target yakni 251.212 orang

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Penajam hasilkan  44.070 ton padi

Sedikitnya 14.125 hektare lahan pertanian tanaman padi produktif di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, hasilkan produksi sekitar 44.070 ton gabah kering giling per tahun.

Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara berupaya meningkatkan produk pertanian tanaman padi, untuk memenuhi kebutuhan pangan Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. Paser target panen 130 ton bawang merah

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser menargetkan hasil panen bawang merah  tahun 2023 sebanyak 130 ton.

Untuk  merealisasikan target tersebut Pemda Paser akan memberikan bantuan sarana dan prasarana seperti benih dan alat pertanian kepada petani di Desa Tampakan Kecamatan Batu Engau yang telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan bawah merah di Kabupaten Paser.

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023