Beberapa  informasi  seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan  Kantor Berita Antara pada Jumat (3/3), mulai dari Wakil Kepala Polda Kaltim menghadiri  menghadiri kegiatan pembinaan teknis pada tiga pilar pemerintahan desa dan kelurahan  sekaligus memberikan arahan mengawal tahapan Pemilu 2024, hingga Pertamina akan menerapkan QR code untuk  pengisian solar  bersubsidi di Kaltim diawali pada 28 Maret 2023.

Beginilah rangkuman informasi seputar  ekonomi Kaltim yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. Wakapolda beri arahan soal Kepemiluan

Wakapolda Kaltim  Brigjen Pol  Mujiyono menghadiri kegiatan pembinaan teknis pada tiga pilar pemerintahan desa dan kelurahan  terdiri Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kades serta Lurah se-Kalimantan Timur dan mengarahkan agar semua pihak bekerja sama  menjaga situasi kondusif dalam menyukseskan Pemilihan Umum tahun 2024.

Disampaikannya, keberadaan tiga Pilar yaitu Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kades di tingkat pemerintahan yang terendah di masing-masing wilayah merupakan Pilar Pemerintah dalam menciptakan keamanan daerah guna mewujudkan situasi Kamtibmas yang tertib, aman dan kondusif khususnya di Kaltim.

Selengkapnya silahkan diklik.

2. BPBD Samarinda fokus mitigasi prabencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda dalam mengelola alokasi anggaran sebesar Rp10,8 miliar lebih, diprioritaskan pada program mitigasi prabencana,  seperti mengarahkan pada kegiatan simulasi, pelatihan tanggap darurat, edukasi dan  sosialisasi terhadap hal yang berhubungan prabencana, tanggap darurat, dan pemulihan pascabencana.

secara umum dalam penanggulangan bencana bukan hanya tugas BPBD, namun juga menjadi kerja lintas sektor, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan juga Dinas Perumahan dan Permukiman serta instansi-instansi lainnya, jika ditotalkan penganggaran sekitar Rp500 miliar untuk penanggulangan bencana di Samarinda.

Selengkapnya silahkan diklik.

3. Pengisian solar segera pakai QR Code

PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan meluncurkan pengisian solar bersubsidi menggunakan Quick Response Code  (QR code) di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kaltim, yang sudah akan diberlakukan mulai 28 Maret 2023.

Penggunaan  QR Code bertujuan untuk mengawal distribusi BBM bersubsidi yang dalam satu tahun nilainya sekitar Rp 500 triliun. Sejauh ini, dalam penyalurannya terjadi banyak penyalahgunaan.

Selengkapnya silahkan diklik.

4. Cuaca pengaruhi stabilitas harga

Bank Indonesia (BI) Balikpapan memperkirakan sejumlah hal akan menjadi pemicu kenaikan harga-harga sepanjang Maret 2023 ini terutama faktor cuaca.

Hujan dan angin juga berpotensi merusak hasil panen, atau bahkan menggagalkannya, sayur mayur biasanya yang terdampak paling awal bila cuaca buruk melanda meskipun demikian, yang terdampak pertama kali justru bukan produksi panen, tapi transportasi atau pengiriman hasil bumi tersebut ke daerah tempat pasarnya.

Selengkapnya silahkan diklik.

5. DPRD Kaltim akan tinjau kerusakan jalan nasional

Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera melakukan peninjauan pada jalan- jalan nasional yang rusak  yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), tepatnya kerusakan pada jalan poros Kecamatan Sangatta Utara menuju Kecamatan Bengalon.

Lanjutnya, kunjungan Komisi III DPRD Kaltim bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur, selain melakukan  ke Kabupaten Kutai Timur, juga meninjau jalan poros antara Long Bagun  Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menuju  Long Pahangai   Kabuaten Mahakam Ulu (Mahulu).

Selengkapnya silahkan diklik.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023