Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), digelar latihan dasar (Latsar) hingga ke kecamatan.

Kali ini, Latsar dilaksankan mulai 25 hingga 28 November 2013 di Kecamatan Muara Kaman, yang diikuti seluruh angota Linmas kecamatan tersebut.

"Latsar ini untuk memberikan pembekalan pengetahuan pengamanan dan memberikan pemahaman tentang ketrampilan bagi anggota Linmas," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satlinmas Kukar, Fida Hurasani, Selasa (26/11).

Materi yang diberikan dalam Latsar tersebut antara lain adalah sejarah dan tugas pokok dan fungsi  Satlinmas, Permendagri No 40 tahun 2011, Eksistensi Satlinmas dalam Bela Negara dan Pertahanan Negara.

Kemudian materi tentang peran Satlinmas sebagai mitra Polri dalam memelihara kemananan dan ketertiban masyarakat, peran Satlinmas dalam penanggulangan Bencana. Peserta Latsar juga diajarkan ilmu bela diri, serta peraturan baris berbaris dan tata upacara sipil.

Narasumber dan instruktur yang menyampaikan materi tersebut yaitu dari Kasubdit Linmas Ditjen PUM Kemendagri, dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar dari Polsek dan Koramil Muara Kaman.

Fida berharap, setelah mengikuti pelatihan tersebut para anggota Satlinmas dapat menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik mungkin.  (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013