Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser membuka pendaftaran jambore pemuda Kabupaten Paser tahun 2023 yang dimulai  17 Februari hingga  7 Maret  2023.

"Sehari setelah pendaftaran ditutup, mereka yang mendaftar akan diseleksi  pada 8-9 Maret 2023, " kata Kepala Disporapar Kabupaten Paser Muksin di Tanah Grogot, Selasa.

Jambore ini kata Muksin diperuntukkan bagi pemuda-pemudi Paser yang berusia 18 sampai 25 tahun, dengan persyaratan  sehat jasmani, dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari puskesmas, sehat secara rohani, dan tidak terlibat penyalahgunaan narkotika.

“Jambore ini diprioritaskan mereka yang belum menikah dengan pendidikan minimal SMA sederajat,” katanya.

 Muksin menerangkan, pada seleksi jambore pemuda ini, pihaknya  mencari mereka yang memiliki keterampilan produktif, misalnya terampil di bidang kesenian dan budaya lokal.

Ia menambahkan, Disporapar Kabupaten Paser  selain membuka pendaftaran jambore pemuda, saat ini juga pihaknya sedang  melakukan seleksi Putri Pariwisata dan Duta Wisata.

“Untuk putri pariwisata dan duta wisata, persyaratan berusia 17 sampai 24 tahun dan belum menikah,” katanya.

Kemudian syarat tinggi badan untuk pria minimal 165 cm, dan putri 160 cm, lebih diutamakan pemuda-pemudi  atau putra-putri  berasal dari Kabupaten Paser.

Persyaratan lain tentunya memiliki pengetahuan luas, berpenampilan menarik, dan sehat jasmani dan rohani.

Muksin mengemukakan, mereka yang akan menjadi putri pariwisata dan duta wisata Paser, selain memiliki pengetahuan yang luas, juga harus mampu menguasai salah satu seni budaya daerah seperti tari-tarian, menyanyi, terampil memainkan alat musik, dan bisa membacakan puisi dan kesenian daerah.

"Hal itu menjadi nilai tambah bagi para juri, jika mereka memiliki kemampuan berbahasa asing, mereka yang terpilih akan mewakili Kabupaten Paser di tingkat Provinsi Kaltim," katanya.

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023