Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) resmi membuka pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas  tahun 2023, dengan total anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp375 miliar.
 
"Hari ini kami membuka pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas, dengan alokasi anggaran Rp375 miliar melalui APBD murni tahun 2023," kata Ketua Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas Iman Hidayat di Ruang Kersik Luway,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltim Jalan di Samarinda, Senin.
 
Ia menyebutkan, pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas tahun 2023, kategori mahasiswa telah dibuka hari ini tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan 31 Maret 2023. Sedangkan untuk kategori siswa pembukaan pendaftaran dimulai 1 Maret 2023 sampai dengan 7 April 2023. 
 
Iman Hidayat  menjelaskan, program Beasiswa Kaltim Tuntas tahun 2023 memiliki penambahan jumlah anggaran yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Total anggaran Beasiswa Kaltim Tuntas pada APBD tahun 2023 yakni sebesar Rp375 miliar dengan target  jumlah penerima sebanyak 43.189 orang.
 
Lanjutnya, program Beasiswa Kaltim Tuntas sudah memasuki tahun ke-5. Pada tahun 2023 memiliki beberapa perubahan dan penambahan sebagian jenis beasiswa, yakni untuk kategori mahasiswa program Beasiswa Kaltim Tuntas, jenis kerjasama yakni  ada penambahan perguruan tinggi dalam negeri yang bekerjasama dengan Pemprov Kaltim.
 
Menurutnya, kerja sama itu dengan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UNSURYA) untuk kelas sekolah penerbangan dan Politeknik Kesehatan Surakarta kelas Ortotik Prostetik dengan perkiraan kuota program Beasiswa Kaltim Tuntas untuk satu atau dua kelas.
 
Iman Hidayat menuturkan, untuk proses seleksi Beasiswa Kaltim Tuntas stimulan siswa, berdasarkan hasil seleksi nilai skoring sesuai dengan kurikulum yang ditempuh. Misalnya para siswa yang didaftarkan oleh sekolah dapat mencantumkan jenis kurikulum yang ditempuh, baik itu kurikulum 2013 atau kurikulum merdeka. 
 
"Jadi jika siswa tersebut menggunakan kurikulum 2013 maka skoringnya diseleksi bersama para siswa yang menggunakan kurikulum yang sama (2013) demikian juga jika menggunakan kurikulum merdeka, jadi biar adil," ucapnya. 
 
Ia menambahkan, terkait Beasiswa Kaltim Tuntas stimulan siswa pada tahun 2023 pendaftaran dilakukan oleh pihak sekolah, tidak lagi secara langsung oleh para siswa. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah beserta guru dan tenaga teknisi IT dapat memfasilitasi serta menjembatani para siswanya untuk melakukan pendaftaran.
 
"Untuk informasi lengkap mengenai alur serta persyaratan pendaftaran dapat diakses melalui laman website https://beasiswa.kaltimprov.go.id," imbau Iman Hidayat.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023