Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser menggelar lomba kreasi daur ulang sampah plastik dalam rangka  memperingati Hari Peduli Sampah Nasional. 

"Pendaftaran dibuka 21 Februari i2023," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, Achmad Safari di Tanah Grogot, Senin.

Ia menyebutkan, lomba dalam rangka  memperingati Hari Peduli Sampah Nasional mengambil tema "Tuntas kelola sampah untuk kesejahteraan Masyarakat".

Adapun karya yang dilombakan harus terbuat dari sampah atau barang bekas berbahan plastik. Misalnya botol plastik, gelas plastik, kantong plastik atau kresek, jerigen dan bekas kemasan makanan. 

"Sampah yang dijadikan bahan  lomba  tidak boleh mengandung logam berat maupun limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun. Misalnya plastik bekas infus atau obat, bekas tinta, bekas spuit suntik, " Jelasnya. 

Menurutnya, peserta lomba bisa dari perorangan maupun kelompok dengan anggota maksimal 2 orang. jumlah peserta dibatasi hanya untuk 50 orang peserta.

Lanjutnya, penyerahan hasil lomba atau produk dilaksanakan pada 7-13 Maret dan akan diambil 10 peserta. 

"Peserta yang masuk nominasi 10 besar  akan diminta  mempresentasikan produknya di hadapan dewan juri. Sedangkan penetapan pemenang diumumkan pada 20 Maret 2023, " kata Achmad Safari. 

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023