Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kebakaran menghanguskan sedikitnya 17 rumah di Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Wahyu Widhi Heranata mengatakan, kebakaran tersebut berlangsung pada Rabu subuh sekitar pukul 04. 20 Wita di Jalan Kemakmuran Gang 1 Kelurahan Sungai Pinang, Samarinda.

"Kebakaran yang berlangsung Rabu subuh sekitar pukul 04.20 Wita tersebut menghanguskan 17 rumah di tiga RT yakni RT 08, RT 12 dan RT 15 Jalan Kemakmuran Gang 1," ungkap Wahyu Widhi Heranata.

Selain menghanguskan 17 rumah, kebakaran itu juga lanjut Wahyu Widhi Heranata menyebabkan satu unit mobil dan tiga motor hangus terbakar.

Pada kebakaran itu, BPBD Kaltim dan Kota Samarinda mengerahkan 13 unit mobil pemadam kebakaran, 18 unit portable serta mengerahkan petugas PMI untuk mengantisipasi adanya korban jiwa.

Akibat kebakaran yang menghanguskan areal seluas 40x40 bujur sangkar itu, menyebabkan 17 Kepala Keluaraga atau sekitar 80 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

"Sejauh ini kami belum bisa memastikan penyebab kebakaran itu namun berdasarkan keterangan sejumlah warga, asal api diduga berasal dari rumah seorang warga bernama ibu Murni di RT 12," ujar Wahyu Widhi Heranata.

Sejumlah warga yang ditemui di lokasi kebakaran mengatakan, tidak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut dan api tiba-tiba membasarkan kemudian menghanguskan rumah-rumah warga.

"Saat itu, kami sedang terlelap tiba-tiba mendengar ada teriakan kebakaran dan begitu ke luar rumah saya sudah melihat api berkobar. Beruntung, rumah saya tidak ikut terbakar tetapi semua barang-barang berharga sudah kami keluarkan dari rumah," kata seorang warga Jalan Kemakmuran, Herman.   (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013