Penyebaran kasus pandemi COVID-19 di wilayah Provinsi Kalimantan Timur terus mengalami penurunan drastis dan saat ini tujuh wilayah di Kaltim telah terbebas dari virus corona dengan menyandang status zona hijau.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan tujuh wilayah berstatus zona hijau tersebut berasal dari Kabupaten Berau, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Paser, Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu dan Kota Bontang.

"Saat ini hanya tiga wilayah yang masih terdapat kasus, yakni di Balikpapan, Samarinda dan Kutai Timur, dengan status zona kuning," kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Minggu.

Andi mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah berstatus zona hijau tetap harus waspada terhadap penularan kasus baru, yakni dengan tidak lalai dalam menjalankan protokol kesehatan.

" Tetap kami imbau kepada masyarakat untuk waspada mengingat penularan kasus baru masih terjadi, meski dalam skala kecil," kata Andi.

Ia menyebutkan contoh temuan kasus baru pada update kasus harian Satgas COVID-19 di Kaltim pada 29 Januari 2023 yakni bertambah satu kasus positif di Samarinda.

Dengan adanya tambahan kasus baru itu, lanjut Andi saat ini pasien positif yang masih menjalani perawatan tersisa 8 kasus. Dengan rincian Kutai Timur 2 kasus, Balikpapan 3 kasus dan Samarinda 3 Kasus.

Sedangkan kasus sembuh dan meninggal dunia tidak ada tambahan kasus baru.

Secara akumulasi jumlah kasus positif di Kaltim berjumlah 214.485 kasus, sembuh 208.674 kasus dan meninggal dunia 5.803 kasus.


***3***

Pewarta: Arumanto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023