Sebanyak 309 orang calon penyelenggara pemilu tingkat desa dan kelurahan atau PPS (panitia pemungutan suara) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, yang lulus seleksi ertulis berbasis CAT (computer assisted test) mengikuti tes wawancara yang dilaksanakan pada 18-19 Januari 2023.
 
"Calon anggota PPS yang ikut tes tertulis untuk 54 desa dan kelurahan sebanyak 330 orang," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara, Irwan Syahwana di Penajam, Kamis.
 
Calon penyelenggara pemilu tingkat desa dan kelurahan yang lulus seleksi tertulis hanya 309 orang, lanjut dia, dan berhak mengikuti tes wawancara.
 
Tes wawancara dilakukan di masing-masing kecamatan, sesuai lokasi kelurahan dan desa tempat tinggal atau domisili pendaftar calon anggota PPS bersangkutan.
 
Tes wawancara dilaksanakan di empat kecamatan, jelas dia, yakni di Kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Kecamatan Sepaku agar tes wawancara tidak terlalu padat.
 
Akumulasi nilai tes tertulis dan wawancara untuk menentukan tiga orang yang terpilih sebagai anggota PPS dan tiga orang untuk cadangan di setiap desa dan kelurahan.
 
Apabila anggota PPS mengundurkan diri tetapi tidak ada cadangan, ada petunjuk teknis yang mengatur KPU kabupaten atau kota diberikan kewenangan untuk menunjuk langsung pengganti dari warga desa atau kelurahan bersangkutan.
 
Jumlah anggota panitia pemungutan suara yang dibutuhkan tiga orang untuk setiap desa dan kelurahan, dalam membantu penyelenggaraan pemilihan umum.
 
Jumlah kelurahan dan desa di daerah berjuluk Benuo Taka itu ada 54, jelas Irwan Syahwana, sehingga dibutuhkan PPS sebanyak 162 orang.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023