Pemerintah Kabupaten Paser menyiapkan 60 stand untuk pelaku usaha di kawasan wisata terpadu Sungai Tuak, Tanah Grogot yang pembangunannya menelan anggaran sebesar Rp4,5 miliar.

“Ada 60 stand yang dibangun untuk usaha, jenisnya ada yang bertingkat maupun tunggal. Diperkirakan pembangunannya selesai bulan ini, ” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Muksin, di Tanah Grogot, Senin.

Ia mengatakan, pembangunan stand tersebut agar terlihat rapi dan bersih diperuntukkan para pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) yang saat ini menempati Kawasan Wisata Belanja (wisbel) Kota Tanah Grogot.

Muksin menjelaskan, untuk pembangunan di bagi dalam dua segmen yaitu segmen satu untuk pembangunan stand wisata kuliner, panggung pertunjukan, dan bangunan pengelola wisata.

“Target  rampung bulan ini sehingga pelaku usaha yang ada di Wisbel bisa segera  pindah  pada Maret atau April 2023, ” ujarnya.

Menurutnya, di bangunnya panggung pertunjukan  untuk kegiatan masyarakat seperti kegiatan seni dan budaya.

Lanjut Muksin, setelah pembangunan segmen satu selesai, maka dilanjutkan pembangunan segmen dua yaitu kawasan olahraga. Anggarannya juga sebesar Rp4,5 miliar.

“Pembangunan kawasan olahraga ditargetkan tahun ini juga dan selesai tahun 2024 mendatang,” katanya.

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023