Selama momen Natal dan Tahun Baru (Naru) 2022/2023, trafik akses broadband Telkomsel di regional Kalimantan mengalami pertumbuhan mencapai 10,25 persen ketimbang rata-rata hari biasa tahun 2022.

"Namun jika dibandingkan dengan periode Naru 2021/2022, maka trafik aksesnya mengalami lonjakan hingga 21 persen," ujar Fredy Hilton Tambunan, selaku General Manager (GM) Network Service Assurance Telkomsel Kalimantan dalam rilisnya, Jumat. 

Sementara itu, pergerakan pelanggan Telkomsel di regional Kalimantan dengan persentase -0.69 persen ketimbang hari normal, akibat sebagian besar pelanggan ke luar Kalimantan menuju ke Jawa Timur, Sulawesi, dan Jawa Tengah.

Ia melanjutkan, pengamanan jaringan yang dilakukan selama periode Posko Naru dengan 35 POI di wilayah Kalimantan, kemudian selain optimalisasi BTS eksisting juga didukung tambahan 2 BTS 4G baru, 1 unit BTS combat, 1 unit smallcell dan 8 unit imacro.

Telkomsel juga memaksimalkan digitalisasi layanan pelanggan yang terintegrasi, termasuk posko-posko sales dan pelayanan Telkomsel yang hadir di POI.

"Aktivitas digital pelanggan turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data Telkomsel selama momen Naru 2022/2023, jika dibandingkan dengan aktivitas di hari biasa," katanya. 

Sementara itu, Top 3 POI di Kalimantan yang mengalami peningkatan trafik adalah Lapangan Merdeka yang naik hingga 79,09 persen, kemudian E-Walk BSB naik 35.72 persen yang merupakan pusat keramaian di malam Tahun Baru di kota Balikpapan. 

Kemudian POI Mulawarman di Batulicin, Kalimantan Selatan naik 45.69 persen, karena pada periode Naru itu terdapat even Batulicin Festival sehingga hal ini mampu menarik keramaian pengunjung.

"Dalam hal ini, Telkomsel mendukung kelancaran acara melalui kehadiran 1 unit BTS combat, 1 unit smallcell dan 3 imacro bahkan ada booth Telkomsel Corner di lokasi acara itu," kata Hilton.

Sedangkan secara nasional, selama periode Natal dan Tahun Baru 2022/2023, trafik akses broadband Telkomsel meningkat 11,6 persen dari rerata hari biasa 2022, kemudian naik 13 persen dibandingkan periode Naru tahun sebelumnya.

Telkomsel mencatat peningkatan signifikan sepanjang periode Naru 2022/2023 pada akses layanan media sosial yang mencapai 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) yang mencapai 35,7 persen.

Untuk streaming video naik 6,1 persen, mobile gaming mengalami lonjakan hingga 23,9 persen, akses browsing terjadi pertumbuhan 79,8 persen, dan layanan e-commerce turun 0,3 persen.

"Telkomsel memastikan kelancaran dan kenyamanan pelanggan dalam menjalani beragam aktivitas digital dengan menghadirkan konektivitas terdepan, andal, dan merata, hingga ragam produk dan layanan yang customer-centric, guna mendampingi masyarakat agar mampu ‘Satukan Semangat untuk Bangkit Lebih Kuat’ dalam menyongsong fase kehidupan baru," katanya. 
 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023