Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor sangat mendukung dan mengapresiasi kerja sama lintas provinsi antara Pemerintah Kabupaten Paser dan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan dalam membangun jalan antarperbatasan.

Menurut Isran Noor kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan merupakan hal yang sangat positif bagi daerah dan masyarakatnya.

"Saya terimakasih Pak Bupati (Bupati Paser dr Fahmi Fadli) juga Bupati Balangan (Bupati Abdul Hadi) sudah kerja sama, insyaa Allah pasti bermanfaat," kata Gubernur Isran Noor dalam keterangan resmi di Samarinda, Senin (2/1).

Isran mengakui keterbatasan sumber daya yang dimiliki setiap daerah tidak menutup kemungkinan dapat menghambat penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Karena itu ujarnya, setiap kepala daerah dituntut lebih proaktif dan inovatif untuk mengatasi keterbatasan dalam mengembangkan serta mengoptimalkan potensi daerahnya.

Apalagi lanjutnya, undang-undang juga mengamanatkan pemerintah daerah dapat melakukan kerja sama berdasarkan pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.

"Intinya, kerja sama antardaerah ini untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," ungkapnya.

Berbagai hal menurut dia dapat dikerjasamakan antardaerah, mulai dari peningkatan dan pembangunan infrastruktur serta peningkatan mitigasi bencana.

Juga pengembangan promosi perdagangan dan UMKM, kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif, ketahanan pangan, pertanian dan perikanan.

"Paser dengan Balangan pas bujur bersebelahan. Bagus ada kerja sama, saling mendukung," ucapnya.

Kerja sama antar daerah baginya harus dilakukan, sehingga apa yang tidak dimiliki Paser bisa didatangkan dari Balangan, begitu pula sebaliknya.

"Apa-apa saja yang dimiliki Paser bisa dikirimkan ke Balangan. Artinya, saling membutuhkan dan saling mencukupi," harapnya.

Selain itu, kerja sama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia seperti pengembangan pendidikan, kesehatan, penguatan komunikasi dan informasi, termasuk lingkungan hidup dan kehutanan.

"Semoga kerja sama ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah masing-masing," ungkap Isran Noor.



 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023