Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Pelayanan penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di Kabupaten Paser akan kembali berjalan normal menyusul telah diterimanya material BPKB tahap dua.

"Distribusi material BPKB jauh lebih cepat dari prediksi sebelumnya sehingga pelayanan akan kembali normal pada pertengahan November 2013," kata Kepala Satuan Lalu-Lintas Polres Paser Ajun Komisaris Gede Pasek, Minggu.

Distribusi material BPKB sebanyak 4.500 buah untuk tahap dua di Kabupaten Paser kata Pasek telah dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

"Kebutuhan BPKB untuk R4 (mobil) sudah terpenuhi, juga untuk R2 (motor) juga telah terpenuhi," katanya.

Untuk memenuhi kebutuhan penerbitan BPKB kata dia, unit pelayanan BPKP Satlantas mencetak 100 hingga 150 buku per harinya.

Menurut Pasek, pada Oktober 2013, masih ada kekurangan 500 buku.

Namun kekurangan tersebut, lanjut dia dapat terpenuhi dalam waktu dekat karena materialnya sudah tersedia dan tinggal dicetak.

Sebelumnya, pendistribusian BKPB untuk kendaraan roda dua maupun empat dilakukan secara bertahap akibat minimnya material.

Pada periode Maret – Agustus 2013, surat sementara sebagai pengganti BPKB untuk motor sebanyak 5. 601 buku dan roda empat 568 buku.

Untuk tahap awal lalu, Sat Lantas Polres Paser menerbitkan BPKB untuk periode Maret – April 2013 dengan total 1. 529 buku, dengan rincian 1.3.449 buku untuk roda dua dan 180 buku untuk roda empat.  (*)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013