Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menggelar proses tes tulis metode Computer Assisted Test (CAT) bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 dan dilaporkan berjalan lancar.
 
"Peserta mengikuti tes tertulis sesuai jadwal yang ditetapkan dan berjalan lancar,"  ujar Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, Irwan Syahwana di Penajam, Kamis.
 
Seleksi tertulis calon anggota PPK di KPU Kabupaten Penajam Pasar Utara sudah dilaksanakan pada 6-7 Desember 2022 dengan memperhatikan jumlah perangkat tersedia.
 
Sebanyak 79 pendaftar calon anggota PPK yang lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan tes tertulis dengan metode CAT tersebut.
 
Calon anggota PPK yang berhak mengikuti tes tertulis yakni, 28 orang  PPK Penajam, 25 orang, PPK Babulu, 13 orang PPK Waru dan 13 orang PPK Sepaku.
 
Calon anggota PPK masing-masing kecamatan yang mengikuti tes tertulis tersebut, menurut dia, hanya 15 orang yang bisa lanjut ke tahapan tes wawancara.
 
Semua calon anggota PPK Waru dan Sepaku yang mengikuti tes tertulis masuk ke tahapan tes wawancara, lanjut dia, karena masing-masing hanya 13 orang.
 
Sedangkan calon anggota PPK Penajam dan Babulu masing-masing 15 orang bisa lanjut ke tahapan tes wawancara.
 
Calon anggota PPK yang melaju ke tahapan tes wawancara, jelas dia, adalah peraih nilai hasil CAT tertinggi sampai urutan ke 15. 
 
Kemudian hasil CAT dan tes wawancara akan diakumulasi, hanya 10 orang yang masuk masing-masing kecamatan, lima orang dipilih sebagai anggota PPK dan lima orang cadangan sebagai pengganti apabila ada anggota PPK yang mengundurkan.

Tiga orang pelamar PPK Penajam dan satu orang PPK Babulu serta satu orang PPK Waru dinyatakan gugur, kata Irwan Syahwana, karena tidak mengikuti tahapan tes tertulis.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022