Wali Kota Samarinda Andi Harun menyerahkan  sebanyak 69 unit kendaraan  dinas untuk menunjang kegiatan operasional  camat dan lurah dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

“Tugas camat dan lurah tidak ringan, berada di garda terdepan dalam aspek layanan publik dan pelaksanaan kegiatan pembangunan di kewilayahan membutuhkan respon dan tanggung jawab begitu besar,” kata Andi Harun pada saat acara penyerahan di Samarinda, Senin.

Ia mengatakan, tidak berlebihan apabila menyebut tugas lurah dan camat beserta staf  dalam menjalankan tugasnya cukup berat, mengingat mereka menghabiskan tugas fungsi dan pekerjaannya di luar, melebihi jam operasional kerja yang seharusnya.

Menurutnya,  dalam tiga tahun terakhir para camat dan lurah berjibaku di lapangan melakukan penanggulangan pandemi COVID-19 bersama TNI-Polri di tingkatan masing-masing bersama masyarakat.

“Tugas ini sangat berat, tidak hanya butuh tanggung jawab, tapi juga mental dan spritual yang tinggi karena situasi yang tidak ringan dan dihadapi oleh bangsa negara,” katanya.

Selain itu, kata Andi Harun di saat pandemi COVID-19 belum berakhir, lurah dan camat juga harus melakukan penanggulangan inflasi.

Penanggulangan inflasi meliputi banyak aspek, seperti membantu OPD terkait teknis, menjaga daya beli masyarakat, membantu melaksanakan kegiatan operasi pasar murah, membantu melakukan kegiatan interferensi pemerintah dalam bentuk lain agar harga barang tidak bergejolak dan menjaga inflasi di bawah satu persen.

“Saya berfikir setelah melihat keadaan di lapangan tidak sedikit para lurah dan camat yang menggunakan kendaraan pribadi dan tidak jarang juga menggunakan uang pribadi dalam kegiatan-kegiatan operasi di tengah masyarakat,” tuturnya.

Andi Harun  menyebutkan bahwa Pemkot Samarinda memberikan kendaraan operasional sebagai apresiasi serta bentuk perhatian atas semua tugas dan tanggung jawab yang dilakukan lurah dan camat, termasuk dalam memonitor Program Pembangunan dan  Pemberdayaan Masyarakat ( Probebaya).

Menurutnya, kalaulah pemerintah  memberikan bantuan kendaraan operasional  kepada camat dan lurah tentu tidaklah seberapa dengan perjuangan, pekerjaan dan pengorbanan selama ini  dalam menjalankan tugas.

Sementara penyerahan  69 unit kendaraan operasional untuk camat dan lurah tersebut terdiri dari 10 unit mobil Toyota Hilux untuk operasional camat dan 59 unit mobil Toyota Avanza Veloz untuk lurah. Penyerahan berlangsung di halaman parkir Kantor Balai Kota Samarinda.

Pewarta: R'Sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022