Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser melakukan pengembangan tanaman hortikultura seperti cabai, bawang merah dan sayuran dengan memberikan bantuan benih tanaman kepada delapan belas gabungan kelompok tani atau Gapoktan.

"Masing-masing bantuan komoditas ini memiliki luas lahan yang berbeda-beda," kata Kepala DTPH Kabupaten Paser Erwan Wahyudi, di Tanah Grogot, Senin. 

Ia menyebutkan, untuk lahan program pengembangan tanaman cabai seluas 30 hektar, bawang merah seluas 20 hektar dan sayuran  seluas lima hektar.

Lanjutnya, untuk pengembangan komoditas cabai diberikan kepada 8 kelompok tani dengan total luas lahan 30 hektar, tersebar di tiga kecamatan yaitu  di Kecamatan Tanah Grogot, Pasir Belengkong, dan Batu Engau. 

Delapan Gapoktan tersebut antara lain, Gapoktan Melati Desa Rantau Panjang, Lunu Utama Desa Petangis, Tabru Membangun, Sungai Uwei Lempessu, Harapan Baru 1 Bekoso, Sama Kakan Keo Kerang, Istiqomah Kerang, dan Gapoktan Pasero Mandiri Kerang. 

Kemudian lanjut Erwan, untuk pengembangan kawasan bawang merah diberikan kepada sembilan Gapoktan, dengan luas lahan 20 hektar  yakni di Kecamatan Batu Engau dan Muara Komam. Sembilan Gapoktan tersebut adalah Gapoktan Sabar Subur Tampakan Batu Engau, Tunas Inti Tampakan Batu Engau, Tunas Baru Tampakan, Ngudi Rahayu Tampakan,Embun Pagi Kerang,Tunas Muda Sekuan Makmur Komam, Duyun Sejahtera Sekuan Makmur, Hamparan Jaya Sekuan Makmur  dan Sinar Jaya Sekuan Makmur.
 
Selanjutnya untuk pengembangan kawasan tanaman sayuran diberikan bantuan kepada Gapoktan Padi Mulyo Rantau Panjang  seluas lima hektar. 

"Kami berharap dengan program bantuan tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan sayuran di Kabupaten Paser," katanya. 

Erwan juga berharap selain itu juga dengan adanya bantuan dari DTPH Kabupaten Paser dapat meningkatkan pendapatan petani dari komoditi hortikultura sehingga nilai jual lebih tinggi.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022