Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Rita Widyasari yang juga Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Kaltim terpilih sebagai Ketua Umum Forum Pemuda Pelopor Nasional periode 2013-2018, menggantikan Kusumo Priyono yang telah memimpin organisasi tersebut selama 20 tahun.

Terpilihnya Rita, merupakan hasil Konsolidasi Nasional Kongres Pemuda Pelopor yang dihadiri 100 Pemuda Pelopor se-Tanah Air mulai Jumat (25/10) malam di hotel Grand Elty Tenggarong, hingga ditutup pada Senin (28/10)  pagi di Pendopo Odah Etam.

Ketua panitia konsolidasi tersebut, Kusumo Priyono mengatakan Rita terpilih secara aklamasi.

"Semua yang hadir pada kongres tersebut sepakat menjadikan Rita untuk memimpin Pemuda Pelopor hingga 2018 mendatang," ujar Kusumo saat menyampaikan laporannya pada penutupan Konsolidasi Nasional Kongres Pemuda Pelopor  itu.

Kusumo menjelaskan, sebenarnya ada beberapa kandidat untuk dijadikan pimpinan Pemuda Pelopor, baik itu beberapa kepala daerah termasuk Rita, kemudian politisi, tokoh masyarakat dan Agama yang berasal dari Pemuda Pelopor. Untuk memilih kandidat sebagai pimpinan Pemuda Pelopor,  menurut Priyo Majelis Tinggi Pemuda Pelopor telah lama memantau trackrecord atau rekam jejak para Pemuda Pelopor yang berpotensi termasuk Rita.

"Namun saat kongres ini semua sepakat memilih Rita. Ini bagus untuk kesetaraan gender, jadi wanitapun bisa mempin, sehingga ini merupakan sejarah," terangnya.

Sementara Rita Widyasari dalam sambutannya mengatakan tak menyangka bisa terpilih menjadi Ketum Forum Pemuda Pelopor.

"Tak pernah terbesit dalam hati saya untuk menggantikan Pak Kusumo," ujarnya.

Menurut dia, terpilihnya dirinya secara aklamasi merupakan sesuatu yang di luar kebiasaan.

"Biasanya pimpinan organiasasi nasional itu orang dari jawa, tapi saya orang Kalimantan bisa mempin organisasi nasional, ini bersejarah bagi saya," ungkapnya.

Selanjutnya, Rita akan berusaha menjalankan amanat dengan senungguh-sungguh, sehingga kepercayaan yang telah diberikan kepadanya dapat terlaksana dengan baik.

Sementara Meneteri Pemuda dan Olahraga KRMT Roy Suryo saat menutup Konsolidasi Nasional Kongres Pemuda Pelopor itu mengucapkan selamat atas terpilihnya Rita Widyasari.

Roy berpesan agar Rita bersama pengurus Pemuda Pelopor untuk tetap menjadikan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan, sebagai acuan.

"UU nomor 40 tersebut didalamnya ada koridor yang mengatur tentang kepemudaan, jadi jalankan dan hormati peraturan itu," pesannya.

Selain Pemuda Pelopor se-Indonesia, acara penutupan kongres tersebut juga dihadiri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, unsur forum koordinasi pimpinan daerah dan kepala instansi di lingkungan Pemkab Kukar, serta organis pemuda di Kukar. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013