Samarinda (ANTARA Kaltim)- Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini terasa istimewa bagi Anggota DPRD Kaltim Andi Harun, setelah berkali-kali menjaring masukan di daerah pemilihannya ; Samarinda. Tokoh muda ini menggebrak lewat ajang pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI)

“Pembukaan Jejaring Media Sosial Lokal Pertama melalui Short Message Service (SMS) dengan Peserta Terbanyak” di Stadion Madya Sempaja, Minggu (27/10).

Sebagai pemrakarsa, Andi Harun tak menyangka respons masyarakat Samarinda begitu positif akan program yang diklaim bakal memudahkan masyarakat Samarinda dalam  mengakses informasi apapun secepat dan seekslusif mungkin. Bahkan pemutakhiran data apa saja yang sudah masuk lewat program ini, bisa diakses langsung lewat portal www.kabarsamarinda.com.

“Ini juga sebagai bentuk apresiasi saya setelah sekian lama menjaring aspirasi di dapil Samarinda lewat reses. Kebutuhan akan informasi yang cepat, akurat dan mutakhir sudah menjadi keharusan. Dari fasilitas jejaring ini saya bisa mengakses cepat apa saja yang menjadi keluhan dan keinginan masyarakat,” ungkap Andi Harun.

Melihat posisinya yang sampai mendulang pemecahan rekor MURI, sudah pasti aktivitas ini bukan sembarangan. Apalagi MURI punya standar khusus agar rekor bisa diberikan.

Diikuti oleh 3.835 pengirim SMS secara bersamaan, even ini ternyata jauh sebelumnya telah didukung oleh Dinas Pendidikan Samarinda. Apalagi sebagian besar pesertanya memang dari kalangan remaja.

“Pelajar kita adalah generasi yang haus akan informasi dan sudah sangat akrab dengan media sosial. Nah, bertujuan pembinaan dan memaksimalkan potensi mereka, lewat akses kabarsamarinda inilah keterikatan mereka dengan media sosial dapat lebih dimanfaatkan,” papar politikus dari Komisi III DPRD Kaltim ini.

Menariknya, program ini sangat baik untuk mengakses informasi apapun secara bersamaan. Mulai dari politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan dan lainnya.
 
Dikarenakan prosesnya  yang lebih mudah dan efektif, menurut Andi Harun program ini layak diadopsi oleh Anggota DPRD Kaltim dalam menyerap aspirasi di daerah pemilihan mereka.

“Serap aspirasi di reses ada keterbatasannya. Nah, lewat program ini pengembangan dari serapan aspirasi tanpa menunggu reses sekalipun,  jangkauannya jauh lebih luas,” paparnya. Bahkan Ketua DPRD Kaltim M Syahrun atau yang akrab disapa Haji Alung, menyuarakan dukungannya.

“Pertama-tama saya ucapkan selamat atas prestasi dan pemikiran kreatif Bung Andi Harun atas prestasi rekor MURI program positif ini. Jika menyangkut kelancaran tugas kedewanan, sudah pasti DPRD Kaltim akan mendukung. Apalagi jika melibatkan masyarakat banyak dalam proses penggarapan informasinya,” urai H Alung.
  
Ia berharap program positif seperti ini mendapat dukungan lebih luas lagi. Bahkan bukan tak mungkin program media sosial seperti ini bisa diterapkan oleh banyak wakil rakyat lainnya bahkan oleh instansi pemerintahan yang operasionalnya sangat bersinggungan dengan masyarakat.

“Memberikan dan berbagi informasi apapun baik sosial, politik, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Termasuk menghimpun Input dari masyakatat sekarang ini, sangat penting untukmendukung kinerja DPRD Kaltim. Saya kira program ini layak lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.
 
Lebih jauh Andi Harun menerangkan program jejaring ini bakal lebih dikembangkan. Baik sistem retruitmen bahan dari narasumber, pengembangan info hingga ke wilayah terpencil, bahkan hingga pada kemasan akhir penyajian info. (Humas DPRD Kaltim/adv/yud/dhi/met)







 

Pewarta:

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013