Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Puji Setyowati mengatakan, pariwisata merupakan sumber daya berkelanjutan dan berpotensi besar menggantikan sumber daya yang tidak dapat diperbarui seperti pertambangan dan penggalian. 

"Pertambangan dan penggalian merupakan industri ekstraktif yang pada masanya akan habis, sedangkan industri pariwisata merupakan kegiatan yang terus berkelanjutan, bahkan berpotensi menggantikan industri ekstraktif," ujar Puji di Samarinda, Jumat. 

Untuk itu, ia mengajak Pemprov Kaltim membangun konektivitas antardaerah, untuk memudahkan akses antara objek wisata yang satu dengan lainnya agar semua objek wisata saling terhubung demi memudahkan wisatawan baik lokal maupun manca negara. 

Ia berharap, kepada Gubernur Kaltim memasukkan sejumlah program pembangunan infrastruktur untuk peningkatan wisata, terutama ekowisata agar selain pemerintah memperoleh tambahan dari pendapatan asli daerah (PAD). 

Selama ini, lanjutnya, DPRD Kaltim melalui Komisi IV terus memberikan dukungan terhadap pengembangan pariwisata, terutama ekowisata karena dengan pengembangan ekowisata akan berdampak pada banyak sisi ekonomi, bukan hanya lingkungan yang terjaga dengan baik. 

Berbagai sisi ekonomi tersebut seperti objek wisata makin tumbuh, pelaku wisata terayomi karena bisa hidup dari objek wisata yang ramai pengunjung, bahkan transportasi, penginapan atau hotel, usaha kuliner, hingga UMKM suvenir pun turut merasakan. (Ghofar/ Adv/ DPRD Kaltim). 


 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : M.Ghofar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022