Penajam (ANTARA Kaltim) - Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Kabupaten Penajam Paser Utara mengalami penurunan 2.337 pemilih dari DPT yang ditetapkan 8 Oktober 2013 lalu.

"Berdasarkan hasil verifikasi PPS menunjukan jumlah DPT 117.330 orang yang mengalami penurunan 2.337 pemilih dari DPT yang ditetapkan sebelumnya 8 Oktober 2013 lalu, yang berjumlah 119.667 pemilih. Verifikasi ini sesuai surat edaran KPU Pusat,”  kata Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, Andi Arfin, pada rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih pada Pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota 2014, Minggu.

Penurunan DPT itu kata Andi Arfin, disebabkan adanya mutasi penduduk, pemilih ganda serta ada warga yang telah meninggal dunia dan masih di bawah umur hasil verifikasi ulang yang dilakukan oleh Pantia Pemungutan Suara (PPS) di setiap desa/kelurahan.

Menurut Andi Arfin, verifikasi dilakukan di 54 desa/kelurahan dengan 333 tempat pemungutan suara (TPS).

Dimana, untuk Kecamatan Penajam terdapat 23 desa/kelurahan dengan 153 TPS, jumlah pemilih 55.481 orang.

Kecamatan Waru terdapat empat desa/kelurahan, jumlah 12.607 pemilih dengan 37 TPS.

“Jumlah pemilih di Kecamatan Babulu 24.099 orang dari 12 desa/kelurahan dengan 72 TPS, kemudian pemilih di Kecamatan Sepaku berjumlah 25.206 orang di 15 desa/kelurahan dengan 71 TPS,” ujarnya.

Andi Arfin menegaskan, penatapan DPT berdasarkan hasil pencermatan anggota PPS setiap desa/kelurahan se-Kabupaten Penajam Paser Utara.

Selanjutnya tambah Andi Arfin, KPU akan mengumumkan jumlah DPT tersebut, kepada masing-masing partai politik (Parpol) serta masyarakat umum.

“Kami akan tempelkan DPT ini di setiap kantor desa/kelurahan dan tempat yang dapat dilihat oleh masyarakat dan DPT juga kami berikan kepada parpol untuk dikoreksi,” katanya.

Andi Arfin menambahkan, dari hasil evaluasi dan masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT tersebut, akan diklarifikasi dab disusun oleh PPS masing-masing desa/kelurahan untuk dimasukan dalam daftar pemilih khusus (DPS) sebelum Maret 2014. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013