Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud memastikan daerahnya tidak ambil bagian dalam Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur VII Tahun 2022 yang berlangsung di Kabupaten Berau pada 12 hingga 21 November mendatang.

Menurut Rahmad ketika dikonfirmasi di Balikpapan, Selasa, kesulitan komunikasi dengan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Balikpapan menjadi salah satu penyebab seiring terjadinya dualisme kepengurusan pada induk organisasi olahraga itu.

Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) sudah memanggil para pihak, termasuk kedua kubu di KONI Balikpapan, untuk duduk bersama menyelesaikan permasalahan. Dispora juga sudah meminta nama-nama atlet untuk didaftarkan ke Panitia Besar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

"Namun, hanya satu kubu yang merespons," katanya.

Dengan tidak adanya jawaban maka proses berikutnya untuk ambil bagian pada Porprov Kaltim pun terhambat.

Sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, untuk keikutsertaan dalam kegiatan olahraga berskala besar diperlukan pengadaan barang dan jasa. Dalam kaitan ini, provider atau penyedia barang dan jasa wajib mengikuti proses lelang dan proses itu sangat menyita waktu.

"Jadi, praktis waktu empat minggu tersisa tidak cukup," kata Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Rahmad menegaskan kedua belah pihak di KONI Kota Balikpapan harus bisa menyelesaikan permasalahannya dan atlet juga harus bijak menyikapi pengurus yang tidak mampu berkomunikasi dengan pemerintah.

Saat ini ada dua kubu kepengurusan di KONI Balikpapan, yaitu kubu Muslimin dan kubu Ridwan. Keduanya sama sama ditunjuk menjadi Ketua KONI Balikpapan melalui dua musyawarah kota berbeda.

Kepengurusan KONI kubu Muslimin menggelar Musyawarah Olahraga Kota Balikpapan di Hotel Antara beberapa waktu lalu, sementara kubu Ridwan menggelar kegiatan yang sama di Hotel Platinum pada April 2022.

Sementara sebanyak 52 cabang olahraga yang dipertandingkan pada Porprov Kaltim VII di Kabupaten Berau pada November 2022 telah resmi diputuskan.

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022