Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI memberikan penguatan ideologi Pancasila kepada Jejaring Panca Mandala Provinsi Kalimantan Timur (JPM Kaltim) untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Pembinaan Ideologi Pancasila ini sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila," ujar Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerja Sama BPIP RI Elfrida Herawati Siregar saat pembukaan acara tersebut di Samarinda, Selasa.

Pembinaan ideologi Pancasila bagi JPM Provinsi Kaltim yang digelar 4-5 Oktober 2022 dibuka Deputi Hubungan Antar Lembaga BPIP RI Prakoso dilanjutkan arahan secara daring oleh Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal (Purn) Try Sutrisno yang juga mantan Wakil Presiden RI.

Elfrida Herawati mengatakan BPIP RI harus melibatkan partisipasi masyarakat, sekaligus mendorong terbentuknya JPM di berbagai daerah di Indonesia.

JPM merupakan forum kolaboratif antara lima unsur, yakni pemerintah, dunia usaha, akademisi, organisasi masyarakat, dan media massa untuk membantu penyelesaian berbagai isu pembinaan ideologi Pancasila.

"JPM dibentuk di setiap wilayah oleh komponen masyarakat yang bersifat suka rela dengan kesamaan tujuan untuk berperan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Elfrida.

Saat ini JPM sudah dibentuk di 10 provinsi, yakni Banten, D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, NTT, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, dan Provinsi Jawa Timur, menyusul Provinsi Kaltim.

JPM juga sudah terbentuk di 67 kota/kabupaten di Indonesia. Sedangkan pada 2022, BPIP membentuk JPM di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Jawa Barat, Kaltim, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

"Untuk wilayah Kaltim, pembentukan JPM dibarengi dengan penguatan calon pengurus JPM seperti sekarang dengan kemampuan penting yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas. Peserta dibekali berbagai materi agar memiliki pemahaman Pancasila dari para narasumber," katanya.

Setelah penguatan, para pengurus JPM Kaltim akan melakukan deklarasi gotong royong membumikan Pancasila di Benua Etam pada 6 Oktober 2022 di Pendopo Odah Etam, Kota Samarinda.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022