Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Utusan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kutai Kartanegara (Kukar) keluar sebagai juara kategori Miskat Kantor, sedangkan juara kategori Miskat Pesta diraih pasangan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Pada Lomba Fashion Miskat yang digelar di Pelataran Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, Sabtu (28/9) malam, pasangan dari BPKAD berhak atas piala bergilir Bupati Kukar, piala tetap,piagam penghargaan, serta uang Rp 10 juta dari acara tersebut.

Sedangkan pasangan kepala Bappeda meraih piala tetap, uang Rp 5 juta, serta piagam penghargaan.

Lomba Fashion Miskat itu digelar oleh Pelangi Production bekerjasama dengan Pemkab Kukar dan sejumlah sponsor di antaranya Bank Kaltim dan Grand Elty.

Untuk Runner Up kategori Miskat Kantor diraih Hotel Grand Elty Singgasana, disusul Dinas Bina Marga menempati posisi III. Selanjutnya juara harapan I di sabet Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), posisi harapan II Dinas Perindustrian Dagang dan Koperasi (Disperindagkop), serta harapan III di tempati Bank Kaltim Cabang Tenggarong.

Sedangkan untuk kategori Miskat pesta yang umumnya diikuti pasangan kepala instansi, juara II diraih Bagian Administrasi Keuangan Setkab Kukar, pemenang ke III dari Bank Kaltim cabang Tenggarong. Kemudian juara harapan I diraih kecamatan Tenggarong Seberang, harapan II disabet Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta harapan III ditempati Badan Kepegawaian Daerah.

Selain juara-juara terbaik, juga dilakukan pemilihan peserta terfaforit, untuk kategori Miskat Kantor berhasil diraih utusan Bagian Humas dan Protokol Setkab Kukar, serta pasangan Camat bersama Danramil Loa Kulu  kategori terfaforit di Miskat Pesta.

Seluruh pemenang, serta juara harapan dan peserta terfaforit berhak mendapatkan piala tetap, piagam penghargaan dan sejumlah uang.

Adapun para dewan juri lomba fashion salah satu baju adat Kutai tersebut diketuai oleh Bupati Kukar Rita Widyasari, Menteri Sekretaris Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAPM Haryanto Bachroel
gelar  HAP Gondo Prawiro, dan salah satu Puteri Indo Beauty tahun 1990, Novita.

Peserta lomba berjumlah 52 pasangan ketgori Miskat Kantor, dan 30 Pasangan Miskat Pesta, terdiri 33 SKPD, 12 Kecamatan, 4 dari Perbankan, 2 Perusahaan Darah,  dan 1 Hotel.

Setiap pasangan kategori kantor memperagakan Miskat ciri khas instansi masing-masing yang akan atau telah digunakan saban Kamis, sedangkan kategori Miskat Pesta menampilkan Miskat yang dimodifikasi namun tak meninggalkan kaidah pakaian adat tersebut.

Setelah seluruh pasangan peserta berjalan di panggung atau catwalk, lalu dilakukan penilaian hingga terpilih masing-masing 15 pasangan terbaik dari dua kategori yang dilombakan.

Dari 15 pasangan tersebut, kemudian diseleksi kembali hingga terpilih enam peserta terbaik yang menjadi pemenang, serta pasangan terfaforit.

Usai mengumumkan pemenang, Rita mengatakan bahwa pasangan BPKAD terpilih sebagai juara karena terlihat luwes dan tampak nyaman mengenakan Miskat.

"Sangat pantas dipakai ke kantor, desainnya sesuai aturan, ditambah bahan sarung Samarinda yang dahsyat," ujar Rita.

Sementara untuk pasangan kepala Bappeda, Rita mengatakan desainnya sangat bagus  ditambah dengan pernak pernik yang serasi.

"Apalagi atasannya ini, ide desainnya cemerlang, pantas untuk dipakai pesta," ungkapnya.

Fashion Show Miskat dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Raja Tenggarong ke 231 itu berlangsung meriah dengan hadirnya artis ibu kota yang terkenal di ajang pencarai bakat yaitu Hudson, serta tampilan lima penyanyi asal Kota Raja, dan tampilan kesenian daearah.

Acara tersebut dihadiri Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura HAM Salehuddin II beserta kerabat, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar, kepala instanasi serta masyarakat yang memadati halaman
Kedaton. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013