Sejumlah jalan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur membutuhkan perbaikan untuk menunjang pengiriman logistik pembangunan Ibu Kota Negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara.
 
"Pemerintah dukung pembangunan IKN Nusantara dengan siapkan jalan untuk tunjang distribusi logistik," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Penajam Paser Utara, Riviana Noor di Penajam, Kamis.
 
Namun jalan yang dapat dimanfaatkan untuk pengiriman logistik lanjut dia, perlu ditingkatkan atau diperbaiki agar dapat digunakan dengan maksimal.
 
Sejumlah jalan tersebut telah diusulkan untuk dilakukan peningkatan atau perbaikan, dan diharapkan diakomodir Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Timur.
 
Perkiraan anggaran untuk peningkatan atau perbaikan sejumlah jalan yang diusulkan  jelas dia,  mencapai sekitar ratusan miliar.
 
Sejumlah pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur sudah berjalan.
 
Pembangunan infrastruktur dasar yang sedang berjalan tersebut, di antaranya pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dan pembangunan pengambil air (intake) Sungai Sepaku.
 
Kemudian pembangunan jalan lingkar Sepaku serta pelebaran jalan poros Petung-Sepaku juga tengah dilakukan.
 
Pemerintah pusat juga bakal membangun Istana Negara dan kantor lembaga negara, serta beberapa titik jalan tol penghubung IKN Nusantara pada tahun ini (2022).
 
Ada 11 akses jalan yang dapat dimanfaatkan untuk pengiriman logistik IKN Nusantara kata  Riviana Noor, yang tersebar di wilayah Kecamatan Penajam, Babulu dan Sepaku.
 
Akses Jalan tersebut menghubungkan dari jalur primer maupun sekunder menuju Pelabuhan Buluminung dan Pelabuhan Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022