Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda Hotmarulitua Manalu mengatakan Terminal Tipe C Pasar Pagi  bakal ditata ulang untuk dijadikan ikon tempat kegiatan masyarakat.
 

"Lokasinya di samping Dermaga Mahakam, konsepnya bagus  dan representatif terkait dengan ikon Kota Samarinda. Rencana diperbaiki,  direvitalisasi dengan konsep transit oriented developement (TOD)," kata Manalu di Samarinda, Jumat.

Dia menjelaskan, pihaknya ingin agar pembangunan sarana transportasi tidak hanya bertujuan untuk kegiatan transportasi saja, tetapi juga ada kegiatan pengikut seperti yang berorientasi kepada bisnis dan tempat kegiatan masyarakat.

 "Di lokasi itu nanti akan ada tempat yang bersifat kegiatan masyarakat dan  mungkin menjadi  wisata atau tempat nongkrong, itu yang akan kita bangun," jelasnya.

Lanjut Manalu, dermaga yang ada saat ini juga akan diperbaiki dan dibuat dermaga apung tempat sandaran speedboat sekaligus menjadi suatu sumber pemasukan pendapatan asli daerah (PAD).

Seperti diketahui  saat ini banyak roda dua parkir yang bermalam. Itu juga menjadi salah satu sumher PAD yang akan dikelola ketika dermaga sudah diperbaiki.

Manalu menegaskan, hal tersebut baru lah perencanaan. Ke depan, apabila di tahun anggaran 2023 memungkinkan maka akan langsung dilaksanakan fisiknya.

Sementara Kepala Bapenda Kota Samarinda Hermanus Barus menambahkan, proses penataan saat ini  sedang  berjalan.

"Sekarang  kawasan itu agak kumuh. Toiletnya sekarang sedang diperbaiki, itu bagian dari penataan untuk nanti  kawasan itu dijadikan ikon Samarinda," ujar Hermanus Barus.

Pewarta: R'sya Rahmadina

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022