Universitas Mulawarman  Samarinda, Kalimantan Timur telah memiliki fasilitas pusat layanan statistik di lingkungan kampus yang diberi nama Pojok Statistik Universitas Mulawarman.

Hadirnya Pojok Statistik sebagai pusat layanan dan promosi statistik di perguruan tinggi tersebut merupakan kolaborasi dan kerja sama antara Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur dan Unmul.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor, Senin(12/9) meresmikan Pojok Statistik Universitas Mulawarman yang bertempat di Gedung Perpustakaan Unmul Lantai 2 Samarinda.

Tampak hadir dalam peresmian tersebut Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik Atqo Mardiyanto, Rektor Universitas Mulawarman Prof. Masjaya dan perwakilan dari Diskominfo Prov. Kaltim dihadiri oleh Kepala Bidang Statistik M. Adrie Dirga Sagita.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan peresmian Pojok Statistik Universitas Mulawarman ini yang pertama kali di Kalimantan Timur dan di Unmul ini mudah - mudahan lancar dan bermanfaat.

"Atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serta masyarakat Kaltim mengucapkan selamat atas diresmikan Pojok Statistik ini, " kata Isran Noor.

Gubernur mengapresiasi kolaborasi dan sinergi yang dilakukan antara Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur dan Universitas Mulawarman terkait hadirnya Pojok Statistik sebagai pusat layanan dan promosi statistik di perguruan tinggi.

Sementara itu, Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik, Atqo Mardiyanto menyampaikan mulai dari tahun 2020 seiring dengan perkembangan informasi yang ada PSP atau pelayanan Statistik BPS berusaha menciptakan inovasi.

"Jadi pelayanan ini tidak hanya dipusat sehingga salah satu inovasi adalah Pojok Statistik yang kita utamakan adalah di perguruan tinggi, "kata Atqo.

Dalam kesempatan tersebut dirinya menyebutkan kenapa Pojok Statistik ini dilakukan di Perguruan Tinggi, Karena, berdasarkan data yang ada pengguna data BPS selain Pemerintah itu adalah dari Perguruan Tinggi.

Berdasarkan hal tersebut maka diciptakan inovasi Pojok Statistik supaya bisa memberikan pelayanan yang terbaik, pelayanan prima dan harapannya bisa membantu semua.

"Mulai tahun 2021 di dirikan Pojok Statistik di Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia," bebernya.

Dirinya menerangkan hari ini ada dua Universitas di dirikan Pojok Statistik satu di Universitas Islam Indonesia yang ada di Yogyakarta dan satu di Universitas Mulawarman di Kaltim.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022