Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur menyalurkan bantuan ribuan bibit tanaman pangan dan hortikultura serta sejumlah peralatan pertanian ke kabupaten dan kota di wilayah setempat dalam upaya percepatan kemandirian pangan di daerah.


"Program pemberian bantuan bibit tanaman ini merupakan agenda rutin dan tahun ini kembali kami menyalurkan bantuan bibit ke kabupaten dan kota," kata Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Kaltim Siti Farisyah Yana di Samarinda, Jumat.

Bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Kaltim melalui instansi, lanjut Yana, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim tahun anggaran 2022.

Menurut dia, bantuan berupa benih, pupuk hingga alat mesin pertanian sangat penting guna mendorong kegiatan tanaman pangan dan hortikultura di daerah.

Ia menyebutkan bantuan untuk tanaman pangan terdiri benih padi 200 ribu kg, pupuk 375 kg, dolomit 600 kg, power thresher 7 unit, Kebi 2 unit dan tractor roda 4 satu unit.

Sedangkan bantuan tanaman hortikultura terdiri benih pisang 16 ribu pohon, dolomit 17.050 kg, alpukat 2.600 batang, jeruk siam 6000 batang, cabai 3000 polybag, lengkeng 14 ribu batang, durian 10 ribu batang, hormon/boster 750 sachet, alat angkut roda 3 dua unit, cultivator 11 unit dan herbisida 200 liter.

Bantuan tersebut disalurkan secara bertahap ke Dinas Tanaman pangan di wilayah Kabupaten dan Kota dengan porsi bantuan sesuai dengan kebutuhan di wilayahnya masing- masing.

"Bantuan yang kita salurkan ke kabupaten dan kota sesuai pemanfaatan dan potensi lahan serta tanaman yang ingin dikembangkan, termasuk alat dan mesin pertanian yang diberikan," jelasnya.

Yana berharap bantuan yang diterima kabupaten dan kota segera difungsikan dan dimanfaatkan sebaik baiknya untuk disalurkan kepada para petani.

"Semoga pemerintah kabupaten dan kota juga melakukan bantuan bagi mendorong sektor pertanian secara luas di wilayahnya masing- masing," harap Yana.(Adv/Diskominfo Kaltim)

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022