Nunukan (ANTARA Kaltim) - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara meminta sekolah-sekolah di wilayah itu membentuk Palang Merah Remaja (PMR).

"Kita minta semua sekolah itu membentuk PMR mulai SMP sampai SMA atau SMK," kata Ketua PMI Cabang Kabupaten Nunukan, Trisno Hadi, usai memperingati Hari PMI di Lapangan Tanah Merah Lamijung Nunukan, Selasa.

Keberadaan PMR tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka mendidik anak-anak sekolah menumbuhkan jiwa kemanusiaannya, jiwa penolong dan jiwa kesukarelawannya, sambung dia.

Ia mengakui, saat ini masih terdapat sekolah di Kabupaten Nunukan yang belum memiliki PMR sehingga ke depannya PMI akan mengupayakan sekolah memiliki lembaga kemanusiaan tersebut.

Ketua PMI Cabang Kabupaten Nunukan ini menambahkan, PMR juga merupakan cikal bakal PMI pada masa yang akan datang dalam kerangka memantapkan kerja-kerja kepalangmerahan.

Pada prinsipnya, PMI sangat dibutuhkan bagi masyarakat sekarang ini sebagai lembaga kemanusiaan dengan sukarela memberikan pertolongan kepada yang membutuhkan dengan cepat.

PMI, lanjut dia, selain bertanggungjawab menggalang masyarakat menjadi pendonor untuk mempersiapkan darah segar juga memiliki tugas sigap terhadap segala bentuk bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

Oleh karena itu, PMR sangat dibutuhkan sebagai bentuk pendidikan anak sekolah sejak dini menjadi sosok penolong secara sukarela, ujar dia.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013