Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Saksi dari pasangan calon gubernur-wakil gubernur Kalimantan Timnur Imdaad Hamid-Ipong Muchlissoni, Abdul Hamid, menolak menandatangani hasil Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum Balikpapan, Selasa.

Menurut Hamid, ia menerima perintah untuk tidak menandatangani berkas hasil rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Kalimantan Timur tersebut.

"Meski demikian saya tidak mengetahui alasan turunnya perintah ini," katanya, Selasa.

Hamid juga menambahkan bahwa hasil perhitungan suara oleh KPU Balikpapan sudah sesuai dengan perhitungan tim sukses Imdaad-Ipong di semua tingkatan, mulai dari TPS hingga di KPU Balikpapan.

"Tidak ada masalah dengan perhitungan suara di Balikpapan, tapi saya memang diinstruksikan untuk tidak menandatangani berita acara hasil pleno hari ini," katanya.

Rapat pleno KPU Balikpapan menetapkan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Imdaad Hamid dan Ipong Muchlissoni sebagai pemenang Pemilihan Gubernur Kaltim untuk wilayah Balikpapan.

Pasangan Imdaad-Ipong mendapatkan suara sebesar 126.065 atau 52 persen dari seluruh suara sah.

Pasangan petahana Awang Faroek Ishak-Mukmin Faisjal mendapat 84.558 suara atau 34,95 suara, dan terakhir pasangan Farid Wadjdy-Sofyan Alex dipilih oleh 31.317 orang atau 12,94 persen dari total suara sah.

Imadaad yang selama 10 tahun menjabat Wali Kota Balikpapan menang di lima dari enam kecamatan. Hanya di Kecamatan Balikpapan Timur pasangan ini kalah oleh Awang-Mukmin dengan selisih 438 suara.

Rapat pleno dipimpin oleh Ketua KPU Balikpapan Gamal Rustamaji. Proses rekapituasi berjalan lancar, tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) menyerahkan rekap data dari masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) kepada KPU dengan disaksikan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Balikpapan dan saksi dari tiap pasangan calon yang hadir.

Saksi dari pasangan calon nomor dua, Farid-Sofyan, datang terlambat tetapi tetap menerima hasil rapat.

Pleno yang digelar di Balikpapan ini menjadi satu dari dua daerah terakhir yang belum menyampaikan hasil Pilgub Kaltim kepada KPU Kaltim. Selain Balikpapan, Kabupaten Berau juga menyelenggarakan rapat pleno pada Selasa (17/9) ini. Adapun 12 kabupaten/kota lainnya sudah menyelenggarakan pleno pada Senin (16/9). (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013